Dijamin Berhasil! Inilah 5 Tips Usaha Kopi untuk Pemula

Dijamin Berhasil! Inilah 5 Tips Usaha Kopi untuk Pemula

Saat ini memulai untuk membuka usaha kopi di Indonesia menjadi suatu kesempatan emas yang bisa dilakukan. Selain karena banyaknya target pasar, uang yang didapatkan pun sangat menjanjikan. Terlebih lagi kini peminat minuman kopi di Indonesia sangat meningkat. Lalu, apa tips memulai yang benar saat ingin membuka usaha kopi untuk pemula?

Meskipun ini adalah bisnis kopi yang menjanjikan, namun tak bisa disepelekan juga. Sangat perlu memahami apa saja tips yang harus dilakukan dan diambil jika ingin memulai. Tentunya hal ini agar tak salah jalan saat sedang membuka usaha kopi. Jika tips dilakukan dengan benar, maka usaha kopi dijamin akan lancar.

1. Pastikan Memiliki Modal yang Cukup

Ketika ingin membuka sebuah usaha termasuk usaha kopi, pastikan memiliki modal yang cukup. Hal ini dilakukan agar tak ada masalah di tengah jalan yang berkaitan dengan keuangan. Sebelum benar-benar membuka usaha kopi, hitung terlebih dahulu semua pengeluaran yang nantinya akan digunakan untuk membuka usaha kopi. 

Mulai dari pengeluaran barang habis pakai (bahan-bahan), biaya untuk peralatan penunjang (alat-alat), dan biaya tak terduga lainnya. Mempersiapkan modal bukan suatu hal yang sepele, sangat perlu dipikirkan dengan matang. 

Untuk bisa mengetahui perkiraan berapa pengeluaran yang akan digunakanan untuk usaha, bisa cari tahu dengan membuat riset sederhana. Bisa juga dengan bertanya pada teman dekat yang memang juga membuka kedai kopi lebih dulu. Maka, memastikan memiliki modal yang cukup menjadi tips pertama untuk memulai usaha kopi bagi pemula.

2. Tentukan Target Pasar

Dalam memulai usaha, menentukan target pasar itu hal yang penting. Sebelum membuka usaha kopi, harus terlebih dahulu mengetahui siapa orang yang akan menjadi target pasar dalam usaha tersebut? 

Baca Juga :  Serba-Serbi Bisnis Kopi Bubuk Lampung Mulai Dari Karakteristik Hingga Kemasan Produk

Jika tidak mengetahui target pasar, maka akan sulit untuk mengarahkan konsumen mana yang akan menjadi pembeli prioritas di usaha tersebut. Dengan menentukan target pasar, akan lebih mudah menyesuaikan harga produk, konsep kedai kopi, dan lokasi yang tepat untuk membuka usaha kopi.

Contoh target pasar yang bisa dipilih, yaitu pegawai kantoran, mahasiswa dan anak sekolah, dan lain-lain. Oleh sebab itu, tips memulai usaha kopi untuk pemula yang kedua, yaitu dengan menentukan target pasar.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi juga sangat berpengaruh dalam kelancaran sebuah usaha. Setelah mengetahui target pasar yang sudah ditentukan lebih dulu. Maka, tips memulai usaha kopi untuk pemula selanjutnya bisa dikaitkan dengan pemilihan lokasi untuk membuka usaha kopi. 

Misal, target pasarnya adalah mahasiswa, maka bisa memilih lokasi yang dekat dengan kampus atau di sekitar kampus. Jika target pasarnya pegawai kantoran, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan kantor. Namun, perlu diingat, memilih lokasi harus yang strategis.

Artinya, pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh banyak orang, yang berada di jalanan ramai orang lalu-lalang. Hal itu agar usaha kopi yang dibuka bisa lebih dikenal banyak orang. Jika salah memilih lokasi, biasanya akan berdampak pada sedikitnya penjualan dan dapat mengalami kerugian.

4. Memilih Dekorasi dan Konsep Kedai Kopi yang Menarik

Saat ini selain untuk menikmati menu-menu yang dijual di kedai, banyak orang yang juga datang karena tempatnya unik dan menarik. Untuk memilih dekorasi dan konsep kedai, bisa disesuaikan dengan target pasar yang sudah dipilih tadi. Kemudian, diberikan sentuhan yang unik dan berbeda, sehingga menciptakan suatu ciri khas kedai kopi yang dibuka. 

Baca Juga :  Review Tentang Seperti Apa Rasa Kopi Bengkulu

Memiliki dekorasi dan konsep yang menarik, akan mendapat nilai plus dari pembeli. Biasanya orang akan sering mengunggah keberadaannya, ketika tempat yang didatangi itu unik dan menarik. Hal itu dapat menjadi sebuah strategi untuk melakukan promosi secara tidak langsung yang dilakukan oleh pembeli.

5. Pastikan Tidak Salah Pilih Penyedia Bahan Baku Kopi

Tips memulai usaha kopi untuk pemula yang terakhir adalah dengan memastikan tidak salah pilih penyedia bahan baku kopi. Pilihlah penyedia bahan baku kopi yang memiliki bahan baku berkualitas baik. Jangan terkecoh dengan harga yang terjangkau, tapi kualitas bahan bakunya kurang. Hal ini akan berdampak pada usaha penjualan kopi.

Jika memilih penyedia bahan baku yang memiliki kualitas kopi yang baik, maka usaha kopi dijamin akan laris. Namun, jika salah memilih, akan berdampak pada kurangnya penjualan kopi tersebut.

Demikian 5 tips memulai usaha kopi untuk pemula.  Begitu banyak hal yang harus diperhatikan saat ingin membuka usaha kopi. Hal ini bertujuan agar usaha kopi yang dibuka bisa berjalan lancar dan penjualan terus meningkat. Semoga ulasan mengenai tips memulai usaha kopi ini bisa menjadi referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *