Tentang Kopi Robusta dan Khasiatnya

Tentang Kopi Robusta dan Khasiatnya

Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl, temperatur 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman.

Kopi robusta adalah jenis kopi yang ditemukan pada 1870-an, tumbuh liar di Kongo. Sekitar 26 persen dari dunia perdagangan robusta terdiri dari biji kopi. Saat ini Kopi jenis Robusta terutama dibudidayakan di Afrika Barat dan Asia Tenggara. Pohon robusta merupakan tanaman yang tumbuh pada ketinggian rendah (permukaan laut sampai 600 meter), tahan kelembaban dan lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan kopi Arabica. Robustas matang dalam waktu sekitar setengah dari waktu yang dibutuhkan kopi Arabica dan menghasilkan hampir dua kali lebih banyak buah kopi.Tidak seperti biji kopi Arabika, biji Robusta tidak jatuh dari pohon ketika mereka menjadi matang, sehingga mereka tidak perlu segera panen. Robustas juga digunakan untuk kopi secara komersial dalam kaleng dan instant kopi. Karena lebih murah biaya produksinya, Robustas kadang-kadang dikombinasikan dengan kopi Arabica untuk mendapatkan citra aroma kopi yang lebih kental serta menurunkan kadar kafeinnya.
Nama Ilmiah
Coffea robusta Lindl, ex De Willd.Klasifikasi
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledonae
Bangsa: Rubiales
Suku: Rubiaceae
Marga: Coffea
Jenis: Coffea robusta Lindl, ex De Willd.Ciri-ciri
Habitus: Perdu, tahunan, tinggi ± 5 m.
Batang: Berkayu, keras, tegak, putih ke abu-abuan.
Daun: Tunggal, bulat telur, mengkilat, ujung runcing, tepi rata, pangkal turnpul, panjang 5-15 cm, lebar 4-6,5 cm, pertulangan menyirip, langkai panjang 0,5-1 cm, hijau.
Bunga: Majemuk, bentuk payung, di ketiak daun, kelopak berbagi lima, hijau, mahkota bentuk bintang, putih, benang sari lima, tangkai sari putih, kepala sari hitam panjang putik ± 3 cm, kepala putik coklat, putih.
Buah: Bulat telur, diameter ± 5 mm, masih muda hijau setelah tua merah.
Biji: Bulat telur, berbelah dua, keras, putih kotor.
Akar: Tunggang, kuning muda.Kandungan Kimia
Daun kopi mengandung alkaloida. saponin, flavonoida dan polifenol.

Mengenal Kopi Robusta dan Sejarahnya

Robusta (Coffea canephora) adalah salah satu dari dua spesies kopi yang paling banyak ditanam di dunia, dengan spesies lainnya adalah kopi arabika (Coffea arabica). Robusta biasanya memiliki rasa yang lebih pahit dan kadar kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika. Namun, robusta juga memiliki keunggulan tertentu yang membuatnya diminati oleh para pecinta kopi.

Baca Juga :  Kopi Lampung Robusta Premium

Perbandingan Kopi Robusta dengan Kopi Arabika

Kelebihan dari robusta dibandingkan dengan kopi arabika salah satunya terletak pada harganya yang lebih ekonomis. Selain itu, tanaman robusta juga lebih tahan terhadap penyakit dan hama, sehingga lebih mudah untuk ditanam dan dihasilkan. Pohon robusta juga lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan iklim, sehingga dapat ditanam di berbagai wilayah dengan kondisi iklim yang berbeda.

Manfaat robusta coffee tidak hanya terbatas pada rasa dan harga yang terjangkau, tetapi juga pada kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Robusta kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, robusta juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu dalam proses penurunan berat badan.

Dampak Ekonomi dari Industri Kopi

kopi robusta
Pengiriman Green Beans CV AKL Coffee

Selain manfaat kesehatan, kopi robusta juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi para petani dan pelaku usaha di industri. Kopi robusta merupakan salah satu komoditas ekspor utama bagi beberapa negara, dan dapat memberikan pendapatan yang signifikan bagi para petani. Industri robusta juga memberikan lapangan pekerjaan bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Robusta juga memiliki manfaat sosial. Bagi banyak orang, kopi tidak hanya sekedar minuman, tetapi juga merupakan bagian dari budaya dan gaya hidup. Kopi robusta, dengan harganya yang lebih terjangkau, dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat. Hal ini membuka ruang bagi lebih banyak orang untuk menikmati minuman kopi dan menjadi bagian dari komunitas kopi yang lebih luas.

Namun, meskipun robusta memiliki berbagai manfaat, tetapi tetap ada tantangan yang dihadapi oleh industri. Salah satu tantangan utama adalah perubahan iklim yang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas produksi kopi robusta. Selain itu, fluktuasi harga kopi di pasar internasional juga dapat mempengaruhi pendapatan para petani. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap perubahan iklim dan meningkatkan keberlanjutan produksi.

Baca Juga :  Proses Pembuatan Kopi Termahal Sedunia

Manfaat Sosial dengan Mengonsumsinya

Sebagai kesimpulan, robusta merupakan salah satu jenis kopi yang populer di seluruh dunia dan memiliki berbagai manfaat, baik dari segi kesehatan, ekonomi, maupun sosial. Meskipun ada tantangan yang dihadapi oleh industri, namun dengan upaya yang tepat, robusta dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Jadi, mari kita nikmati secangkir robusta dan merasakan manfaatnya!

Khasiat

Khasiat robusta untuk tubuh memang cukup beragam dan telah menjadi topik penelitian para ahli kesehatan. Kopi robusta kaya akan antioksidan, yang sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini juga memainkan peran penting dalam mencegah penuaan dini dan berbagai penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Kadar kafein yang tinggi dalam robusta juga membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta memberikan energi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu, robusta juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Robusta juga memiliki efek diuretik, yang membantu menghilangkan kelebihan air dan garam dari tubuh melalui urin, sehingga dapat membantu mengurangi bengkak dan retensi air. Selain itu, kopi robusta juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit infeksi.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi robusta juga harus dalam batas yang wajar, karena konsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan tidur, jantung berdebar, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *