Sensasi Kopi Rasa Coklat Ada Pada Biji Kopi Berikut Ini

Sensasi Kopi Rasa Coklat Ada Pada Biji Kopi Berikut Ini

Kopi merupakan jenis minuman yang menjadi kegemaran banyak orang. Tidak hanya di Indonesia saja, bahkan di seluruh dunia. Macam-macam kopi ditemukan di masing-masing daerah dengan beraneka karakteristik. Salah satunya adalah adanya kopi rasa coklat. Biasanya kopi memiliki rasa yang cenderung pahit, atau ciri khas sendiri.

Ada yang punya sensasi pedas, sedikit rasa rempah, atau memiliki rasa buah serta biji-bijian. Bagi pencinta kopi, sensasi kopi rasa coklat mungkin menjadi hal yang unik. Penasaran apa saja jenis kopi rasa coklat yang ada di Indonesia? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini :

1. Java Ciwidey

Pertama ada biji kopi Java Ciwidey yaitu berasal dari Bandung Jawa Barat. Salah satu jenis kopi ini ternyata sudah lama dibudidayakan di Indonesia.  Bahkan perkebunan kopi di wilayah tersebut sudah mulai ada sejak abad ke-17. Kopi Java Ciwidey sengaja ditanam di ketinggian 1500 hingga 1600 meter di atas permukaan laut.

Untuk proses pemetikan, biji kopi Java Ciwidey ini menggunakan teknik handpick/ selective pick. Setelah itu baru diproses kembali dengan dicuci menggunakan teknik semi washed dan dijemur di bawah sinar matahari. Menariknya, biji kopi Java Ciwidey ini dikenal punya rasa yang unik. Aroma kopi yang mendominasi cukup beragam.

Mulai dari wangi kacang-kacangan, sedikit aroma buah, hingga ada sensasi aroma herbal. Jika diseduh, kopi ini punya rasa karamel mentega dan cenderung manis seperti coklat. Rasa kopi Java Ciwidey ini juga lumayan lembut dan tahan lama.

2. Aceh Gayo

Sensasi rasa coklat pada biji kopi juga bisa ditemukan pada jenis kopi Aceh Gayo. Kopi Aceh Gayo banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi pegunungan vulkanik Aceh. Paling banyak dapat ditemukan di sekitar kabupaten Gayo, Aceh. Proses pemetikan biji kopi Gayo ini masih menggunakan teknik handpick.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Kopi Bubuk Yang Menggiurkan dan Tahapan Pengolahannya

Setelah melalui proses pemetikan, biji kopi masuk ke tahap selanjutnya yaitu pencucian. Baru setelah benar-benar bersih langsung dijemur langsung di bawah sinar matahari. Letak daerah Gayo sedikit banyak punya andil besar terhadap kualitas rasa dan aroma kopi yang ditanam di sana.

Biji kopi Gayo cenderung punya aroma buah pisang dan rempah-rempah yang mendominasi. Soal rasa, kopi Gayo Aceh ini memiliki ciri khas tersendiri. Jika diseduh kopi Aceh Gayo akan mengeluarkan rasa vanilla, caramel, serta hazelnut. Jangan lupa kopi ini juga punya rasa coklat yang unik dan sayang untuk dilewatkan.

3. Sumatera Lintong

Siapa yang belum pernah mencoba kopi Lintong? Salah satu jenis kopi yang berasal dari dataran tinggi Lintonghuta dekat danau Toba ini, juga memberikan rasa coklat ketika diseduh. Sama seperti biji kopi sebelumnya, kopi Lintong juga dipetik menggunakan metode handpick.

Baru kemudian masuk pada tahap pencucian hingga bersih dan dijemur di bawah terik matahari. Aroma yang dihasilkan oleh kopi sumatera Lintong ini lebih cenderung wangi alami khas kopi Sumatera. Yaitu aroma tanah yang tersiram air hujan.

Selain itu kopi Sumatera Lintong juga mengeluarkan aroma lain seperti rempah-rempah, serta buah-buahan tropis. Kopi ini punya tingkat keasaman yang cukup kuat. Namun, hal ini malah membuat kesegaran kopi dapat bertahan lama di mulut setelah diminum.

4. Kopi Robusta Pupuan

Selanjutnya ada kopi robusta pupuan dari Bali yang ternyata punya rasa coklat ketika diseduh. Kopi Robusta Pupuan sengaja dibudidayakan berdampingan dengan macam-macam tanaman lain. Ini membuat kopi tersebut punya cita rasa yang khas dan unik.

Salah satu daya tarik dari kopi Robusta Pupuan adalah punya cita rasa coklat. Ini sudah dibuktikan oleh para ahli cita rasa. Rasa coklat pada kopi Pupuan diduga diakibatkan oleh faktor geografis. Jadi kopi Pupuan memang sengaja ditanam menggunakan teknik tumpang sari dengan tanaman kakao.

Baca Juga :  Mengintip Peluang Bisnis Kopi di Indonesia yang Menjanjikan

5. Kopi Robusta Lawang Malang

Ada lagi kopi dengan rasa coklat yaitu ditemukan di daerah Lawang Malang. Kopi Lawang ini banyak dibudidayakan petani di dusun Blandongan, Desa Sidoluhur, Lawang, Malang. Jenis kopi ini memang belum cukup terkenal. Aroma yang dihasilkan kopi Lawang ini jika diseduh adalah cenderung pahit.

Namun jika dirasakan, akan muncul sensasi rasa pahit coklat yang mendominasi. Uniknya cita khas rasa coklat seperti ini tidak ditemukan pada jenis kopi lain yang tumbuh di Malang raya. Di duga, rasa coklat tersebut disebabkan karena daerah penanaman merupakan lahan bekas perkebunan kopi.

Itu tadi beberapa jenis kopi rasa coklat yang bisa ditemukan di Indonesia. Selain kopi di atas, mungkin masih banyak yang belum terlalu terkenal. Bagi yang penasaran untuk mencicipinya, bisa langsung di coba salah satunya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *