Cara Menjadi Reseller Kopi Pagaralam Agar Bisa Untung

Cara Menjadi Reseller Kopi Pagaralam Agar Bisa Untung

Pagaralam merupakan daerah di Sumatera Selatan yang menjadi salah satu wilayah penghasil kopi robusta unggulan di Indonesia. Setidaknya terdapat empat varietas kopi robusta Pagaralam yang diunggulkan, dapat terus berkembang dan mampu bersaing seperti robusta basemah satu hingga empat. Karena memiliki potensi yang besar, menjadi reseller kopi Pagaralam merupakan salah satu bisnis yang dinilai menguntungkan khususnya untuk saat ini.

Keunggulan kopi ini yaitu karakter cita rasanya yang pahit, asam dan sedikit rasa manis sehingga terasa berbeda saat di lidah. Karena karakternya yang khas dan berbeda dengan daerah penghasil kopi lainnya, kopi Pagaralam memiliki kesan tersendiri khususnya bagi para pecinta kopi. Berikut ini cara menjadi reseller kopi robusta Pagaralam agar bisa untung dan mampu bersaing dengan produk kopi lainnya.

1. Memahami Kopi Pagaralam

Mengenal dan memahami produk yang akan dijual merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh semua reseller entah itu reseller barang maupun jasa. Memahami produk berarti mengetahui secara benar apa keunggulan dan kekurangan dari produk tersebut dengan harapan sesuai dengan target pasar. Ketika sudah memahami apa yang akan dijualnya, maka seorang reseller bisa menyesuaikan produknya dengan keinginan pasar.

Banyaknya varian dari produk kopi yang ada di pasaran tentu membuat reseller kopi robusta Pagaralam benar-benar mengetahui karakteristik yang dijualnya. Ditambah, kopi Pagaralam memiliki 4 varietas berbeda yang akan menghasilkan bubuk dan seduhan kopi yang berbeda pula satu dengan lainnya. Oleh karena itu, sebelum memasarkan produk, kenalilah produk yang akan dijual dan sesuarkan dengan target pasar.

2. Memilih Jenis Produk

Pada saat ini, ada banyak jenis kopi Pagaralam yang dijual di pasaran dengan karakteristik yang berbeda-beda. Reseller harus bisa memilih jenis kopi yang akan dijualnya dengan mempertimbangkan brand, harga, kualitas dan tingkat kesukaan konsumen terhadap produk tersebut. Jika reseller asal memilih produk kopi Mandailing, dikhawatirkan akan mengurangi penilaian konsumen dan membuat bisnis yang dijalankan sulit berkembang.

3. Mencari Supplier

Mencari supplier kopi Pagaralam yang proaktif merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh reseller disamping memilih produk yang akan dijual. Supplier merupakan kunci keberhasilan bagi seorang reseller karena secara tidak langsung akan mempengaruhi angka penjualan yang dilakukan. Oleh sebab itu, pilihlah supplier yang proaktif dengan pemikiran yang terbuka sehingga mampu menerima segala masukan yang diberikan oleh reseller.

4. Memasarkan Kopi Pagaralam

Setelah mendapatkan supplier dan memiliki produk untuk dijual, reseller kopi Pagaralam tentu harus memasarkan produknya sehingga bisa menjangkau banyak orang. Memasarkan produk dapat dilakukan dengan berbagai cara yang dikemas dengan sedemikian rupa agar mampu menarik minat pembeli. Pemasaran ini dapat dilakukan secara langsung, melalui toko online, media sosial seperti Instagram, bahkan e-commerce agar lebih luas jangkauan penjualannya.

5. Lakukan Digital Marketing

Digital marketing merupakan pemasaran suatu produk yang dilakukan melalui internet agar jangkauan penjualan semakin luas dibandingkan sebelumnya. Melakukan digital marketing secara rutin terbukti mampu mengembangkan suatu usaha secara cepat apalagi di zaman yang serba modern seperti sekarang ini. Berikan promosi atau penawaran yang mampu menarik minat beli konsumen sehingga keuntungan penjualan kopi Pagaralam yang didapat semakin besar.

6. Penyesuaian Harga

Harga jual merupakan hal penting yang sangat mempengaruhi daya beli masyarakat akan suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Jika seorang reseller membandrol tinggi kopi Pagaralam yang dijualnya, bisa dipastikan usaha yang dijalankan tidak akan mampu bersaing dengan reseller lainnya. Ada baiknya reseller melakukan survey pasar untuk membandingkan dan menyesuaikan harga jual produknya dengan reseller lain yang menjual kopi Pagaralam.

7. Berikan Pelayanan yang Baik

Sikap reseller yang selalu memberikan pelayanan yang baik kepada siapa saja yang berkunjung untuk membeli atau sekadar bertanya akan memiliki nilai tambah tersendiri. Konsumen akan merasa nyaman ketika membeli kopi Pagaralam yang dijual sehingga secara langsung mempengaruhi usaha yang sedang dijalankan. Selain itu, seorang reseller juga harus mau menerima segala kritik dan saran yang dilontarkan konsumen.

Demikianlah cara menjadi reseller kopi Pagaralam agar bisa mendapatkan keuntungan melimpah bahkan bagi seorang pemula. Menjadi seorang reseller bisa dibilang susah-susah gampang karena banyak aspek yang saling berkaitan mulai dari produk yang dijual, reseller, hingga pemasaran produk. Agar mampu bersaing baik secara kualitas dan kuantitas, reseller harus menjual kopi Pagaralam yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan target pasar.

Baca Juga :  Fakta Menarik di Balik Rasa Kopi Arabika Kerinci Yang Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *