Cara Menjadi Reseller Kopi Mandailing Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara Menjadi Reseller Kopi Mandailing Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Sumatera merupakan wilayah penghasil kopi terbesar di Indonesia yang mampu memproduksi beragam varian kopi berkualitas. Salah satu varian kopi yang telah memikat pecinta kopi yaitu kopi Mandailing atau lebih dikenal dengan sebutan kopi Mandheling oleh masyarakat asing. Melihat peluang ini, menjadi reseller kopi Mandailing dinilai menguntungkan karena mampu bersaing dengan beragam produk kopi yang ada.

Cara menjadi reseller kopi arabika Mandailing terbilang mudah bahkan bagi pemula yang baru saja tertarik untuk bergelut dalam bisnis ini. Hal ini dikarenakan reseller tinggal menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen yang dapat dilakukan secara langsung dan melalui media sosial bahkan e-commerce. Berikut ini beberapa cara menjadi reseller khususnya untuk kopi Mandailing agar bisa menguntungkan.

1. Kenali Produk yang Akan Dijual

Menjadi seorang reseller berarti harus bisa mengenali produk yang akan dijualnya dengan baik termasuk kekurangan disamping keunggulannya. Hal ini dikarenakan produk yang akan dijual tersebut berkaitan erat dengan target pasar dan sasaran penjualan dari produk yang bersangkutan. Jika seorang reseller tidak mengenali apa yang akan dijualnya, dikhawatirkan produk tersebut tidak dapat memenuhi keinginan pasar sehingga reseller akan mengalami kerugian.

Banyak kopi dari daerah Sumatera yang melabeli produknya dengan sebutan Kopi Mandailing sehingga reseller harus memilih produk yang akan dijualnya. Seperti kebanyakan kopi arabika di pasaran, kopi Mandailing memiliki citarasa yang khas sehingga meninggalkan sensasi nikmat di mulut. Namun perlu diingat, yang membedakan kopi arabika Mandailing dengan produk kopi lainnya yaitu rasanya yang pas di lidah semua orang.

2. Menjual Produk Berkualitas

Kopi merupakan minuman yang memiliki tempat tersendiri khususnya bagi pecinta kopi sehingga usaha ini akan terus berkembang. Dengan semakin banyaknya produk kopi yang ada di pasaran, membuat seorang reseller harus menjual produk yang mampu bersaing. Tidak hanya harga, reseller juga harus mempertimbangkan kualitas seperti citarasa kopi Mandailing yang dijual agar mampu bersanding dengan produk kopi terkenal lainnya.

3. Mencari Supplier yang Proaktif

Tidak hanya menentukan produk yang akan dijualnya, cara menjadi reseller kopi Mandailing yang harus dilakukan oleh pemula yaitu mencari supplier proaktif. Supplier merupakan kunci keberhasilan dalam usaha ini karena kebanyakan reseller akan gagal jika supplier yang dipilihnya reaktif. Pilihlah seorang supplier yang proaktif dan open minded agar komunikasi dan negosiasi berjalan baik sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan lancar.

4. Pasarkan Produk

Jika produk dan supplier sudah didapatkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memasarkan produk agar masyarakat tertarik untuk membelinya. Semakin berkembangnya teknologi tentu mempermudah seorang reseller mencari konsumen khususnya pecinta kopi Mandailing untuk mengembangkan bisnisnya. Agar cepat berkembang, gunakan sosial media, toko online, e-commerce untuk menjual produk kopi Mandailing sehingga banyak orang yang dapat melihatnya.

5. Rutin Melakukan Digital Marketing

Kesalahan reseller pemula yang banyak dijumpai adalah tidak melakukan digital marketing secara rutin sehingga usahanya tidak berkembang dan tidak mendapatkan keuntungan. Digital marketing berkaitan erat dengan pemasaran produk khususnya melalui internet dengan beragam penawaran yang menarik minat konsumen. Semakin rutin seorang reseller melakukan digital marketing, maka semakin cepat berkembang pula usaha yang sedang dijalankan karena daya beli konsumen meningkat.

6. Tidak Menjual Kopi Dengan Harga Tinggi

Alih-alih mendapatkan keuntungan, menjual kopi Mandailing dengan harga tinggi yang tidak sesuai dengan harga di pasaran justru akan mematikan usaha. Agar tidak berbeda dengan harga pasaran, seorang reseller harus melakukan survey dan mencocokkan harga dengan reseller lain yang menjual kopi Mandailing. Cara ini dimaksudkan agar reseller tidak kehilangan konsumennya hanya karena harga kopi Mandailing dibandrol dengan harga tinggi.

7. Berikan Pelayanan Baik Kepada Konsumen

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen merupakan salah satu sikap yang wajib dimiliki oleh semua reseller barang maupun jasa. Sikap ini berkaitan erat dengan keterbukaan terhadap kritik dan saran yang diberikan konsumen kepada reseller. Selain itu, seorang reseller juga harus memiliki interaksi yang kuat agar konsumen merasa nyaman berbelanja di sana ketika membeli kopi Mandailing yang dijual.

Demikianlah cara menjadi reseller kopi Mandailing bagi pemula yang mudah untuk dilakukan agar bisa mendapatkan keuntungan melimpah. Menjadi seorang reseller berarti harus berani mengeluarkan modal, mengenali produk yang akan dijualnya dan terus melakukan survey pasar agar usahanya dapat berkembang. Juallah kopi Mandailing berkualitas dengan harga yang sesuai agar mampu bersaing dan bersanding dengan produk kopi terkenal lainnya.

 

Baca Juga :  Peluang Terbuka Menjadi Reseller Kopi Toraja Yang Semakin Menjanjikan Keuntungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *