Cara Menjadi Reseller Kopi Lampung Di Rumah

Cara Menjadi Reseller Kopi Lampung Di Rumah

Kopi merupakan minuman yang selalu menarik untuk dibahas terlebih ada banyak jenis kopi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kopi Lampung merupakan salah satu jenis kopi robusta yang sudah dikenal luas oleh pecinta kopi. Dengan keunggulan rasa dan aromanya yang mantap, peluang untuk menjadi reseller kopi Lampung sangat besar terlebih kopi yang satu ini sudah mendunia.

Banyak kedai kopi dan pecinta kopi memilih kopi Lampung sebagai bahan baku utama minumannya mengingat kualitasnya yang baik. Memang benar jika kopi Lampung tidak berbeda dengan kopi robusta lainnya, namun jika lebih dirasakan akan terasa sekali kenikmatannya dalam sekali sesap. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadi reseller kopi robusta Lampung yang dapat dicoba sendiri dari rumah.

1. Pendekatan Produk

Bagi seorang reseller, melakukan pendekatan produk tentu perlu dilakukan agar reseller mengetahui produk apa yang sedang dijualnya. Kriteria produk, keunggulan, kekurangan, dan target pasar merupakan hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu agar penjualan yang dilakukan tepat sasaran. Sederhananya, bagaimana mungkin seorang penjual tidak mengetahui dengan detail dan baik barang dagangan yang akan dijualnya kepada konsumen.

Kopi Lampung memiliki beragam jenis dan varian karena semua kopi yang diproduksi di Lampung disebut dengan kopi Lampung. Jika reseller tidak mengetahui kopi Lampung mana yang nikmat dan cocok dijual tentu saja secara langsung akan mempengaruhi daya beli konsumen. Oleh sebab itu pikirkan kualitas, kuantitas dan juga harganya agar konsumen puas dengan kopi Lampung yang dijual.

2. Lakukan Survey Pasar

Dengan semakin banyaknya merk dan jenis kopi Lampung di pasaran, ada baiknya seorang reseller selektif dalam memilih produk yang akan dijual. Kopi Lampung merupakan kopi dengan cita rasa yang kuat sehingga kopi jenis ini memiliki target pasar tersendiri. Lakukan survey pasar agar reseller dapat mengetahui kopi Lampung mana yang memiliki kualitas yang baik di samping harganya yang murah.

3. Mencari Supplier

Jika ingin menjadi reseller kopi Lampung, maka dibutuhkan adanya supplier kopi Lampung berkualitas dengan harga terjangkau namun memiliki target pasar yang luas. Supplier merupakan kunci keberhasilan seorang reseller, karena supplier merupakan orang yang menyediakan barang yang bisa dijual oleh reseller. Carilah supplier yang proaktif agar komunikasi antara kedua belah pihak dapat berjalan dengan baik dan lancar.

4. Pemasaran Produk

Kopi Lampung yang telah reseller beli dari seorang supplier tentunya harus dipasarkan agar ada orang yang mau mencoba dan membelinya. Pemasaran produk harus dilakukan sekreatif mungkin dengan tujuan untuk menarik konsumen sehingga daya beli meningkat. Cara yang dapat dilakukan oleh seorang reseller untuk memasarkan produknya yaitu melalui e-commerce atau sosial media dengan jangkauan tanpa batas.

5. Lakukan Digital Marketing

Digital marketing merupakan pemasaran produk dengan menggunakan internet yang memiliki jangkauan yang luas dibandingkan pemasaran produk secara langsung. Agar reseller dapat melakukan digital marketing dengan baik, ada baiknya untuk mempelajari caranya terlebih dahulu sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Jika dirasa telah memahaminya, lakukan digital marketing secara rutin agar penjualan produk kopi Lampung dapat meningkat setiap harinya.

6. Perbandingan Harga

Melakukan perbandingan harga dengan reseller kopi robusta Lampung yang lain merupakan hal yang tak kalah penting untuk dilakukan. Diharapkan reseller akan mengetahui harga kopi Lampung di pasaran sehingga produknya dapat bersanding dengan produk kopi Lampung lainnya. Jangan membandrol kopi Lampung yang dijual dengan harga tinggi karena itu akan membuat konsumen enggan untuk membeli atau sekadar untuk melihatnya.

7. Memberikan Pelayanan Baik Kepada Konsumen

Tipe reseller yang paling tidak disukai oleh konsumen yaitu reseller yang bersikap acuh, kasar dan tidak mau menerima masukan konsumen. Agar konsumen merasa nyaman, seorang reseller harus mau memberikan pelayanannya yang terbaik sehingga citra usaha meningkat di mata konsumen. Selain itu, jangan segan untuk meminta kritik dan saran kepada konsumen sebagai bentuk perbaikan dari usaha yang sedang dijalankan.

Demikianlah cara menjadi reseller kopi Lampung agar bisa mendapatkan keuntungan melimpah bahkan dapat dilakukan dari rumah dengan menggunakan gadget yang dimiliki. Pilihkan kopi Lampung yang berkualitas agar produk tersebut bisa menjadi keunggulan dari usaha yang sedang dikembangkan. Menjadi seorang reseller berarti berani rugi, mau mengeluarkan modal, terus belajar dan memperhatikan target pasar, serta tidak takut untuk gagal.

Baca Juga :  Mengenal Peluang Bisnis Kopi Lampung Warisan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *