Rasa Kopi Bajawa dan Karakater Tersembunyi dari Kopi Bajawa

Rasa Kopi Bajawa dan Karakater Tersembunyi dari Kopi Bajawa

Bagi pecinta kopi, rasa kopi Bajawa tentunya sudah tidak asing lagi di lidah. Setiap kopi origin yang ada di  dunia memiliki karakter khas yang unik. Begitu pula halnya dengan kopi origin yang berada di Indonesia, salah satunya dari Bajawa. Sajian kopi origin dari Bajawa memiliki karakter yang unik dan khas, sehingga banyak pecinta kopi yang kecanduan untuk menyeduhnya kembali.

Seperti yang disinggung sebelumnya, setiap kopi memiliki kekhasannya masing-masing. Adapun karakter khas dari kopi origin Banjawa yakni sebagai berikut. Yuk intip ulasan lengkapnya!

Sekilas Tentang Kopi Bajawa

Sebagai salah satu bagian dari kawasan Flores, Nusa Tenggara Timur, Bajawa masyhur sebagai kopi penghasil terbaik dan terbesar terutama di kawasan Bajawa dan Manggarai. Areanya yang cukup luas dengan lingkungan yang masih terjaga keasriannya mendukung dalam pengembangan perkebunan kopi.

Keberadaan perkebunan kopi di Bajawa sudah berlangsung dari zaman Belanda yang selanjutnya dikelola oleh pemerintah setempat. Hal ini menjadi salah satu perhitungan, karena kopi Bajawa memiliki peluang yang tinggi untuk terus dikembangkan.

Berbagai industri kopi di dunia, seperti Eropa maupun Amerika mengakui akan keunikan yang dimiliki kopi Bajawa. Rasa kopi Bajawa yang khas tentunya akan menjadi cita rasa yang khas yang siap memanjakan lidah para pecinta kopi.

Karakter Khas dan Rasa Kopi Bajawa

Setiap kopi memiliki rasa khas dan keunikan masing-masing. Begitu pun kopi Bajawa yang siap memberikan kenikmatan yang berbeda dari kopi lainnya. Di antara karakter khas yang dimiliki kopi Bajawa yakni sebagai berikut:

1.   Proses Penanaman Secara Organik

Sebelumnya dikatakan bahwa daerah Bajawa masih terjaga keasriannya. Lingkungannya yang masih terjaga dari polusi dan debu menjadikan kualitas kopi yang baik. Hal ini didukung dengan proses penanaman yang dilakukan secara organik. 

Baca Juga :  Mengenal Green Bean / Biji Kopi

Kopi ditanam di atas tanah yang memiliki kandungan abu dari gunung berapi. Sehingga menjadi pupuk alami tanpa campuran pestisida. Hal inilah yang menjadikan kopi Bajawa memiliki aroma alami yang khas.

2.   Pengolahan yang Beragam

Rasa kopi Bajawa yang khas dipicu pula oleh pengolahan yang beragam. Kopi Bajawa melewati beberapa pengolahan diantaranya, dapat diolah secara giling kering yang akan menunjukkan warna sangrai homogen. 

Pengolahan lainnya yakni giling basah yang akan menghasilkan hasil sangrai yang tidak homogen. Selanjutnya, olah basah dengan kopi madu yang akan menghasilkan sangrai kurang homogen dan menghasilkan cita rasa yang fruity.

3.   Memiliki Aroma Wangi Bunga

Aroma khas yang dimiliki kopi tentunya akan meningkatkan kenikmatan dari seduhan kopi. Kopi Bajawa memiliki aroma wangi bunga yang khas. Aroma ini dihasilkan dari proses pengolahan giling kering/ dry hulling yang menciptakan aroma floral yang khas. Selain itu, rasa manisnya pun akan kuat dengan tingkat kekentalan yang kuat.

4.   Tingkat Kekentalan yang Beragama

Kopi Bajawa diciptakan dengan pengolahan yang beragam. Hal inilah yang membuat kopi memiliki kekentalan yang beragama. Tingkat kekentalan bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing penikmat kopi, mulai dari sedang hingga kekentalan yang kuat. Tingkat kekentalan kopi yang kuat biasanya dihasilkan dari pengolahan giling kering, sedangkan kental yang sedang bisa diperoleh dari pengolahan giling basah.

5.   Memiliki Aroma Buah yang Dikeringkan

Pengolahan basah kopi madu dengan derajat sedang pada proses sangrai akan menciptakan aroma buah yang dikeringkan. Selain itu, cita rasa kopi yang diciptakan yakni memiliki aroma yang kuat dengan kekentalan yang pas. Tingkat kepahitan kopi Bajawa bisa diatur mulai dari yang rendah hingga medium dan rasa manisnya akan berkurang.

Baca Juga :  Hal Unik Terkait Kopi Pagar Alam Palembang

6.   Aroma Nutty yang Khas

Selain memiliki aroma fruity, kopi Bajawa juga memiliki aroma Nutty yang khas. Aroma kacang dan tembakau menjadi ciri khas dari kopi Bajawa. Kekhasan yang muncul dari kopi origin Bajawa ini didukung pula oleh tanah subur yang menjadi media tanam di perkebunan kopi. Kopi yang diseduh menghasilkan aroma Nutty  yang khas tentunya akan menciptakan ketenangan yang berbeda.

7.   Aman di Lambung

Tidak sedikit yang memiliki kehati-hatian dalam mengonsumsi kopi karena dapat berdampak buruk pada lambung. Namun, rasa kopi Bajawa khas dapat dinikmati dengan tenang, karena aman di lambung para penikmat. Tingkat keasaman yang terdapat pada kopi Bajawa tidak terlalu tinggi. Hal ini menjadi salah satu poin penting yang akan mencegah lambung menjadi naik.

Nah, itulah informasi sekilas terkait karakter khas dari rasa kopi Bajawa. Kekhasannya bisa menciptakan rasa unik di lidah dan membuat para penikmat kopi kecanduan untuk menikmatinya kembali. Setiap kopi origin tentunya memiliki kekhasannya masing-masing yang siap memanjakan lidah para penikmat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *