Fakta Menarik di Balik Rasa Kopi Arabika Kerinci Yang Unik

Fakta Menarik di Balik Rasa Kopi Arabika Kerinci Yang Unik

Penikmat kopi pasti sudah tentu tidak asing lagi dengan yang namanya kopi arabika. Jenis kopi yang satu ini memang begitu populer kendati harganya yang lebih mahal daripada jenis kopi lain. Salah satu produsen kopi arabika yang paling populer di Indonesia salah satunya terdapat di Kerinci, Provinsi Jambi. Rasa kopi arabika Kerinci yang begitu unik memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmat kopi di tanah air.

Sama seperti jenis kopi arabika yang lain, kopi ini juga ditanam di dataran tinggi tepatnya di kawasan kaki Gunung Kerinci pada ketinggian 1200 mdpl. Kopi ini sudah melanglang buana tidak hanya di Indonesia bahkan sudah menembus pasar dunia. Dibalik kepopulerannya, kopi arabika kerinci memiliki sejumlah fakta yang mungkin akan membuat banyak orang tercengang.

1. Rasa Dan Aroma yang Begitu Unik

Dipanen langsung dari tangan para petani kopi di Kerinci, kopi ini memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis kopi yang lain. Menurut sebagian besar penikmat kopi, kopi Kerinci cenderung memiliki aroma rempah-rempah dengan sedikit aroma coklat yang menjadikan kopi ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri.

Rasa kopi arabika Kerinci pun juga tak kalah unik. Kopi Kerinci memiliki cita rasa yang fruity dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi namun masih memiliki rasa manis yang alami. Beberapa penikmat kopi menilai kopi arabika Kerinci memiliki rasa yang sedikit mirip dengan asam jawa dan buah lemon. Kopi ini bahkan diklaim memiliki citarasa 5 kopi terbaik Indonesia sekaligus dalam satu tegukan.

2. Menyandang Predikat Kopi Terbaik Se-Indonesia

Keunikan rasa dan aroma yang dimiliki kopi ini membuat kopi ini berhasil membawa pulang predikat sebagai kopi terbaik se-Indonesia lewat sebuah Festival Kopi di Jakarta pada tahun 2017. Kopi ini pun didapuk sebagai kopi speciality terbaik se-Indonesia.

Hal lain yang menjadikan kopi ini sebagai kopi terbaik adalah kopi ini tidak diproduksi dalam skala besar. Kuantitas yang dihasilkan tiap bulannya hanya sebesar 3-5 ton. Hal ini lah yang menjadikan kopi ini berbeda dari kopi lain. Karena sifatnya yang limited edition kopi ini sering diburu oleh para pengusaha kopi dan membuat  nilai jual kopi Kerinci lebih tinggi dibanding jenis kopi yang lain.

3. Mulai dilirik Starbucks

Siapa sangka perusahaan kopi raksasa asal Amerika yaitu Starbucks mulai melirik kopi Arabika asal Kerinci ini. Seperti sudah diceritakan diatas, bahwa kopi arabika Kerinci pernah menjuarai predikat sebagai kopi terbaik se-Indonesia. Hal inilah yang membuat Starbucks mulai menaruh hati kepada kopi arabika Kerinci.

Kerjasama yang terjalin dengan Starbucks tentu saja memberikan angin segar bagi para petani kopi arabika di Kerinci. Melalui kerjasama ini, diharapkan bisa membantu perekonomian daerah dan mensejahterakan kehidupan para petani kopi.

4. Mewakili Indonesia dalam Festival Internasional

Tidak puas hanya berkecimpung di festival nasional, kopi arabika Kerinci ini juga merambah festival internasional. Salah satu festival bergengsi yang pernah diikuti adalah Vienna Coffee Festival di Austria. Tak hanya di Vienna, namun kopi ini juga pernah mengikuti Word of Coffee di Budapest di Hungaria. Keikutsertaannya dalam festival ini membuat kopi ini kembali terpilih sebagai produk kopi unggulan perkebunan Indonesia pada tahun 2018.

5. Menjadi Alat Pembayaran Pesawat Sukhoi

Nampaknya harum aroma kopi Kerinci nampaknya tercium hingga ke Rusia. Pemerintah Rusia tertarik untuk melakukan imbal dagang antara pesawat Sukhoi jenis SU-35 dengan berbagai macam komoditas asli Indonesia. Salah satu yang menjadi komoditi yang terpilih sebagai alat transaksi adalah kopi arabika asal Kerinci ini.

Rencana ini dimulai ketika 2017 lalu pemerintah Indonesia berencana untuk mengganti pesawat tempur F-5  dengan yang baru. Untuk itu diperlukan dana sebesar 90 juta dolar Amerika untuk setiap satu unit pesawat. PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia pun langsung mengumpulkan berbagai komoditas dari seluruh penjuru Indonesia yang akan digunakan sebagai imbal dagang

Wah tak disangka ya! ternyata selain rasa kopi arabika Kerinci yang unik, kopi ini memiliki banyak sekali fakta yang bisa menambah pengetahuan. Semoga dengan membaca artikel ini semakin menambah kecintaan terhadap kopi Indonesia. Salam penikmat kopi!

 

Baca Juga :  Review Tentang Seperti Apa Rasa Kopi Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *