Faktor yang Memengaruhi Pesatnya Perkembangan Bisnis Kopi di Indonesia

Faktor yang Memengaruhi Pesatnya Perkembangan Bisnis Kopi di Indonesia

Pesatnya perkembangan bisnis kopi di Indonesia tidak bisa dipungkiri lagi. Ada banyak sekali kedai kopi yang tersebar di seluruh Indonesia. Merk dan rasa yang ditawarkan juga berbeda-beda.

Pada pergaulan jaman sekarang, kopi seakan menjadi sebuah kebutuhan. Cita rasa kopi sekarang pun bermacam-macam, seperti kopi pandan atau aren latte. Cita rasa yang baru ini semakin membuat pembeli tertarik untuk mencoba rasa kopi baru. 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis kopi di Indonesia. Hal-hal ini tentunya berpengaruh terhadap kemajuan dan popularitas bisnis kopi di Indonesia. Berikut adalah faktor-faktor tersebut.

1. Budaya ‘Ketemuan’ di Kedai Kopi

Kedai kopi jaman sekarang memiliki tempat yang nyaman dan estetik. Hal ini menjadi salah satu faktor utama mengapa orang Indonesia senang nongkrong di kedai kopi. Kedai kopi sekarang pun berlomba-lomba untuk terlihat estetik dan instagramable.

Selain itu, kedai kopi jaman sekarang juga memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang sering disediakan adalah stop kontak dan juga Wi-Fi. Hal ini membuat pengunjung betah berada di kedai kopi.

2. Harga Kopi yang Lebih Terjangkau

Tidak dapat dipungkiri, kedai kopi jaman sekarang banyak menjual kopi dengan harga terjangkau. Beberapa merk favorit seperti Kopi Janji Jiwa atau Kopi Kenangan, menawarkan harga kopi yang lebih murah. 

Terjangkaunya harga kopi membuat pelanggan merasa lebih mudah untuk melakukan pembelian berkali-kali. Cita rasa dari kopi dengan harga terjangkau ini pun tidak kalah dengan kopi yang harganya lebih mahal.

Tidak hanya terjangkau secara harga, kopi jaman sekarang juga mudah ditemukan. Kedai kopi yang tersebar di berbagai tempat membuat pelanggan semakin mudah membelinya.

3. Maraknya Marketing dan Promosi Kedai Kopi

Pesatnya perkembangan bisnis kopi di Indonesia juga didukung oleh mudahnya promosi produk di sosial media. Anak muda yang menggunakan sosial media, pasti akan terpapar dengan berbagai informasi promo kedai kopi.

Baca Juga :  Lebih Dekat Tentang Buah Kopi Dan Cara Pengolahannya

Informasi tersebut membuat anak muda lebih tergiur untuk mengkonsumsi kopi. Promosi dan marketing ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis kopi di Indonesia berkembang pesat.

4. Kemudahan dalam Membeli Kopi

Adanya layanan pesan antar makanan lewat ojek online membuat bisnis kopi di Indonesia semakin berkembang. Kedai kopi dapat dengan mudah diakses pembeli di aplikasi ojek online tersebut.

Tidak hanya itu, aplikasi ojek online juga seringkali memberikan banyak promo. Promo inilah yang kemudian mendorong pembeli untuk selalu membeli kopi. Adanya promo membuat harga kopi yang sudah terjangkau menjadi semakin murah.

Inovasi juga kerap dilakukan oleh kedai kopi. Kedai kopi sekarang tidak hanya menjual kopi dalam gelas, tapi juga dalam botol literan. Inovasi seperti ini dapat meningkatkan daya beli kopi tersebut.

5. Besarnya Produksi Kopi di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan produksi kopi yang cukup besar. Riset pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Pulau Sumatera adalah lumbung kopi Indonesia. Sekitar 71% produksi kopi Indonesia berasal dari Pulau Sumatera.

Kopi hasil produksi Indonesia juga digemari di seluruh dunia. Beberapa jenis kopi yang terkenal adalah kopi luwak, kopi toraja, kopi sidikalang, dan kopi manang. Namun, kopi ini memang memiliki harga yang relatif lebih mahal.

6. Bisnis yang Masih Terus Berkembang

Bisnis kopi di Indonesia sudah berkembang pesat sekarang. Meskipun begitu, gaya hidup minum kopi sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat. Oleh karena itu, peluang bisnis kopi masih sangat terbuka lebar.

Peluang ini akan terus memajukan perkembangan bisnis kopi di Indonesia. Hal ini dapat terjadi karena pebisnis juga memiliki akses untuk membuka franchise kedai kopi di berbagai tempat. 

Baca Juga :  6 Hal yang Wajib dan Penting Dipelajari saat Sedang Belajar Bisnis Kopi

Modal yang diperlukan untuk membuka franchise kedai kopi juga tidak terlalu banyak. Selain itu, pebisnis selalu bisa meminta pinjaman kredit ke bank terlebih dahulu. 

Demikianlah faktor-faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis kopi di Indonesia. Kehidupan jaman sekarang yang serba cepat dan sibuk, membuat masyarakat sering mencari kopi untuk merasa lebih tenang.

Gaya hidup minum kopi sepertinya tidak akan berhenti dalam waktu dekat. Para pakar pun berpendapat bahwa tren bisnis kopi di Indonesia akan tetap naik. Hal ini didukung juga oleh mudahya akses terhadap kopi pada jaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *