Mengintip Peluang Bisnis Kopi di Indonesia yang Menjanjikan

Mengintip Peluang Bisnis Kopi di Indonesia yang Menjanjikan

Indonesia saat ini menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Ketersediaan kopi yang besar mampu mendorong berkembangnya peluang bisnis kopi di Indonesia. Contohnya adalah maraknya tempat coffee shop atau kedai kopi di berbagai sudut kota di Indonesia.

Apakah peluang bisnis tersebut cukup menjanjikan untuk dijadikan pilihan dalam berbisnis? Untuk menjawabnya, simak 5 alasan mengapa memilih bisnis kopi berikut ini.

1. Ada Banyak Pecinta Kopi

Kopi termasuk jenis minuman yang memiliki banyak peminat. Rasa kopi yang nikmat jadi daya tarik bagi kalangan remaja maupun dewasa. Bisa dibilang, minum kopi sudah menjadi tradisi atau kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dulu.

Kebiasaan minum kopi juga tak terbatas hanya untuk golongan tertentu saja. Kopi bisa menjadi opsi minuman yang ramai dinikmati semua lapisan masyarakat. Tak jarang, ada penikmat yang bahkan sudah addict atau ketagihan dengan kopi. Besarnya target pasar inilah yang menjadikan peluang bisnis kopi di Indonesia cukup menjanjikan.

2. Jadi Tempat Nongkrong

Saat ini telah banyak bertebaran pelaku bisnis kopi, mulai dari warung sederhana hingga kedai kopi modern. Tempat-tempat tersebut banyak dibanjiri pengunjung yang ingin nongkrong atau sekadar kumpul-kumpul bersama teman. Selain karena kopinya, ramainya pengunjung biasanya juga ditunjang dengan adanya akses wifi gratis yang disediakan kedai kopi.

Usaha kedai kopi seperti ini sangat dipengaruhi pemilihan lokasi yang strategis. Jika ingin membuka bisnis tersebut, sebaiknya lakukan survei terlebih dulu. Pertimbangkan lokasi yang diincar cukup ramai orang atau tidak. Umumnya, lokasi yang dipilih adalah pusat kota, dekat tempat rekreasi, kampus, pinggir jalan, maupun lokasi yang dekat kawasan kantor.

3. Menu yang Bervariasi

Keberhasilan ide bisnis kopi tentu tak lepas dari menu yang ditawarkan. Menu kopi yang dihadirkan oleh tiap tempat biasanya sangat bervariasi. Kedai kopi akan menonjolkan suguhan kopi dengan rasa serta varian yang berbeda agar menjadi ciri khas.

Baca Juga :  Hal Unik Terkait Kopi Pagar Alam Palembang

Dengan banyaknya varian, pembeli juga akan lebih leluasa memilih apa yang mereka suka. Sajian kopi dapat berasal dari beragam jenis kopi, mulai dari kopi yang sudah umum seperti arabica dan robusta, hingga kopi lokal yang berasal dari daerah.

Selain itu, bisa juga membuat kopi dengan menyuguhkan rasa coklat, karamel, tiramisu, dan aneka rasa lainnya. Tak boleh ketinggalan, menu kopi kekinian yang cantik difoto. Menu kopi yang instagramable cenderung mudah diminati karena tampilannya yang menarik.

4. Relatif Mudah Dipromosikan

Jika pemilihan lokasi bisnis sudah strategis, maka kegiatan promosi akan lebih mudah karena mudah dilihat oleh banyak orang. Selain itu, akan memudahkan pengunjung jika tempat usaha sudah terdaftar di Google Maps.

Pengunjung biasanya akan melihat profil di Google Maps, dan bisa memberi review tentang bisnis kopi tersebut. Rating dan review yang positif tentu bisa menjadi promosi yang gratis dan menguntungkan.

Pembeli minuman kopi mayoritas adalah anak muda yang cukup aktif di sosial media. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk promosi lewat sosial media, pelaku bisnis perlu membuat halaman profil yang menarik dan menggugah rasa penasaran.

Selain itu, kehadiran sosial media juga membuat kedai kopi jadi lebih mudah viral. Terlebih jika ada menu kopi yang unik atau khas dan berbeda dari tempat lain, pengunjung berpotensi membagikan hal tersebut di laman sosial medianya.

5. Keuntungan yang Besar

Dengan peminat yang besar, potensi keuntungan bisnis kopi juga cukup besar. Terutama jika sudah memiliki brand yang sudah banyak diketahui banyak orang. Hal tersebut juga berlaku bagi bisnis kopi yang memakai sistem franchise, karena brand sudah terbangun.

Baca Juga :  Daftar Menu Resep Kopi Kekinian Yang Ngehits di Kaula Muda

Di samping itu, kedai kopi pasti juga menjual makanan sebagai pendamping minum kopi. Menu makanan pendamping ini juga bisa menjadi ladang keuntungan selain kopi sebagai menu andalan.

Bisnis ini juga mudah jika ingin merambah penjualan online, karena delivery bisa menggunakan layanan ojek online. Bukan tidak mungkin, pembelian justru didominasi dari pemesanan online tersebut.

Peluang bisnis kopi di Indonesia nampaknya masih akan terus ada. Selama masih banyak orang yang suka minum kopi, bisnis kedai kopi juga akan tetap eksis. Nah, setelah membaca ulasan di atas, segera rencanakan bisnismu dan wujudkan dengan strategi yang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *