Hal Unik Terkait Kopi Pagar Alam Palembang

Hal Unik Terkait Kopi Pagar Alam Palembang

Kopi pagar alam Palembang memang terkenal banget, wajar saja kalau kopi memang mendunia. Bahkan sampai saat ini saja Pagaralam memang terkenal sebagai penghasil kopi. Bukan hanya itu saja, kopi yang dihasilkan juga beragam bukan hanya kopi pagar alam saja.

Jangan salah untuk kualitas dari kopinya tidak perlu diragukan melainkan sudah pasti juaranya. Apalagi kalau mau tahu kopi ini memang memiliki kualitas yang nomor satu sehingga tak heran banyak orang yang suka. Cara membuatnya juga tidak mudah, melainkan harus melalui beberapa fase sehingga layak untuk dicoba.

Pada umumnya memang kopi ini awalnya dibuat dari rumah, tetapi berjalannya waktu pasti banyak pesanannya. Hingga sampai saat ini tidak memungkinkan untuk membuat kopi di rumah melainkan butuh lahan yang besar. Karena dari lahan besar lah maka banyak sekali beberapa jumlah kopi yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya.

Bukan hanya itu saja, jangan salah khasiat juga bagus sekali untuk tubuh manusia. Sehingga tidak akan menyesal kalau sering mengkonsumsi jenis kopi ini. Sebelum memulai untuk mengkonsumsi maka harus tahu terlebih dahulu. Apa saja hal unik yang ada di dalamnya? Nah, yuk coba lihat sekarang. Mau tahu? Yuk simak sama – sama.

Tentang Kopi Pagar Alam

Kopi pagar alam memang identik sekali dengan kopi yang ada di sekitar daerah pagar alam. Bahkan kopi jenis ini sudah dijual di beberapa daerah di Indonesia. Kalau mau tahu apa saja halnya maka lebih baik simak saja. Sebab kopi ini merupakan hal yang mudah untuk ditemui bisa dibeli melalui daring atau bisa datang langsung ke lokasinya. Ini dia alasannya:

1. Memiliki Tradisi Berjemur Kopi

Sebelum sampai saat layak dikatakan bisa dikonsumsi, biasanya harus melalui beberapa fase. Nah, ini merupakan salah satu fase yang harus dilakukan. Biasanya bisa kumpulkan terlebih dahulu biji – biji kopinya. Kemudian bisa diletakkan di wadah yang besar, agar penjemuran bibit kopi bisa secepatnya dilakukan.

Pastikan sebelum melakukan penjemuran maka harus melihat terlebih dahulu bagaimana kondisi cuacanya. Karena kalau kondisi kurang mendukung maka lebih baik jangan lakukan penjemuran daripada terjadi masalah. Lebih baik lihat waktu yang tepat baru mulai bisa menjemur biji – biji kopi tersebut.

2. Dijual Ke Pengusaha

Biasanya setelah selesai melakukan tradisi, maka kopi pagar alamat Palembang akan dijual ke pengusaha. Nah, disinilah peran pengusaha agar barang dagangannya laris dibeli oleh pembeli. Tentunya pengusaha harus memberikan harga yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan dari hasil jualan kopinya.

Tetapi sebelum dijual biasanya harus dicuci terlebih dahulu. Kemudian digoreng dengan menggunakan minyak panas. Jangan salah pengusaha juga harus membersihkan lagi kotoran yang masih menempel pada biji. Karena bisa berbahaya nanti pada saat ketika mengkonsumsi kopi buatan petani.

3. Memiliki Rasa Serta Aroma Yang Khas

Setiap kopi tentu memiliki rasa yang khas sehingga tidak ada yang namanya rasa yang sama. Biasanya yang menentukan rasa itu tergantung dari biji kopi itu sendiri. Sehingga setiap biji kopi memang harus diperhatikan dengan baik. Karena kalau asal bisa mempengaruhi rasa serta aroma yang ada di dalamnya.

4. Memiliki Harga Yang Terjangkau

Walaupun memiliki keunikan tersendiri bagi para penikmatnya kopi, tentu disinilah keunikannya. Kalau ingin menikmati kopi khas dari pagar alam maka bisa datang saja ke pagar alam. Atau bisa membeli saja untuk per kilogramnya dihargai 40 ribu rupiah. Biasanya bisa dibeli di beberapa pengusaha kopi disana.

5. Berada Di Tempat Penghasil Kopi Terbesar

Kalau berbicara kopi jenis pagar alam pastinya tahu kalau kopi ini memang dikembangbiakkan disana. Sehingga kalau datang mengunjungi pagar alam, jangan heran pasti banyak sekali beberapa hal yang ada disana. Pastinya kopi yang dihasilkan pasti dalam jumlah yang besar dan siapapun bisa coba datang kesana.

6. Banyaknya Pengusaha Kopi

Ini adalah salah satu keunikan kalau mau beli kopi pagar alam, maka bisa datangkan salah satunya. Karena kalau jarak rumah berjauhan maka bisa saja mendapatkan kesulitan. Sehingga kalau mau tahu ini adalah salah satu kenikmatannya.

Kopi pagar alam Palembang memang memberikan cita rasa yang beda. Selain itu biji kopinya juga terbilang unik dan beda dari lainnya. Bukan hanya itu saja, biji ini juga memiliki rasa yang pahit bahkan ada yang memiliki rasa asam. Sehingga sudah pasti untuk biji kopi tidak perlu ada tandingannya lagi.

 

 

Baca Juga :  13 Cara Kreatif Pemanfaatan Bubuk Kopi dan Biji Kopi Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *