Cara Menikmati Kopi Khas Sumbawa Yang Unik dengan Cita Rasa istimewa

Cara Menikmati Kopi Khas Sumbawa Yang Unik dengan Cita Rasa istimewa

Saat berkunjung ke wilayah, yang selalu menjadi daya tariknya adalah oleh-oleh khas daerah tersebut. Begitu juga saat bepergian ke Nusa Tenggara Barat, kopi khas Sumbawa menjadi salah satu incaran para wisatawan lokal dan manca-negara. Cita rasa kopinya yang unik dan istimewa menjadi keunggulan kopi Sumbawa. Apalagi dengan harganya yng komptitif, tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi penggemar kopi, akan terasa kurang mantap apabila dalam kunjungan ke suatu daerah tanpa menikmati keunikan kopinya. dan tentunya menjadi tantangan tersendiri saat berburu kopi yang unik dan istimewa. Apalagi jika proses menikmatinya dimulai dari memetik kopi hingga menolahnya menjadi minuman.  Beberapa kopi khas Sumbawa yang unik dan istimewa, antara lain:

1. Kopi Punik

Salah satu kopi khas Sumbawa yang paling terkenal ada dusun Punik. sehingga sering disebut sebagi kopi Punik. Cita rasanya yang fuity, dengan sedikit pahit dan gurihnya menjadikannya sangat popular di kangan pencinta kopi. Dusun wisata Punik juga menjadi bagian dari ekowisata di desa Batu Dulang, Sumbawa. Kopi yang rasaya mirip dengan kopi Kolombia ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Sumbawa.

Apalagi dengan tampilan kemasannya yang istimewa serta beragam pilihan rasa, seperti; melon, citrus, moka, caramel dan gula merahnya. Tentunya menjadi buah tangan khas untuk kerabat, teman dan relasi yang juga penggemar kopi. Kopi Punik yang hanya dipetik jika sudah berwarna merah ini, ditanam pada lahan yang  ketinggian 1200 meter dari atas permukaan laut. Hal tersebut sangat mempengaruhi rasanya yang sangat clean.

2. Kopi Tepal

Di desa Tepal juga terdapat kopi khas Sumbawa yang termasuk produk unggulan provinsi Nusa Tenggara Barat. Kopi Tepal ini termasuk jenis arabika dengan keasaman rasanya yang rendah, menjadikannya sangat unik dan istimewa. Harga kopi Tepal yang relatif terjangkau sangat tepat untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Sumbawa.

3. Rarak Kopi

Desa Rarak yang berada di kecamatan Brang Rea, Sumbawa Barat, juga terkenal sebagai penghasil kopi berkualitas internasional. Desa yang terletak pada ketinggian 700 meter dari atas permukaan laut ini juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi dengan aroma dan cita rasanya yang unik. Menarinya, salah satu oleh-oleh kopi khas Sumbawa ini pengolahannya masih menggunakan tehknologi tradisional.

4. Tambora

Kopi Tambora merupakan salah satu produk unggulan khas  pulau Sumbawa. Kopi yang terkenal keunikan cita rasanya ini ditanam di sekitar lereng pegunungan Tambora. Dengan ketinggian antara 950 meter hingga 1.200 meter dari permukaan air laut untuk kopi arabikanya.  Serta 350 meter hingga 750 meter di atas permukaan laut untuk robustanya.

Pengolahan kopi yang sudah dilakukan turun temurun sejak masa penjajahan Belanda ini, sangat khas dengan tradisi lokal dan cita rasanya yang internasional. Dengan aroma khasnya serta cita rasanya yang lebih asam dibandingkan kopi umumnya, sangat diminati para penggemar kopi dunia. Hal tersebut karena letak penanaman kopi Tambora yang beradadi daerah vulkanik, sehingga memberikan pengaruh pada tingkat keasamannya.

5. Kopi Kora

Kopi Kora yang juga memeiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera penggemaranya. Karakternya yang  kuat dengan aromanya menjadi ciri khas  dari kopi Kora. Meskipun baru di kenal masyarakat umum, namun keberadaan kopi Kora sudah menjadi buruan para pencinta kopi tanah air. Apalagi dengan beragai varian rasanya, seperti; ginseng, jahe dan manis yang mampu memanjakan lidah para pencinta kopinya.

Selain dikenal sebagi kopi kesehatan, karena khasiatnya yang mampu mencegah pengeroposan tulang. sekaligus juga dikenal sebagai kopi untuk penambah stamina atau daya tahan tubuh. Kopi terbaik yang berasal dari puncak Dongo ini diolah dengan penuh kearifan lokal yang menjunjung budaya leluhurnya.

6. Kopi Rempah Sumbawa

Pembuatan kopi rempahkhas Sumbawa ini menggunakan resep yang sudah turun temurun sejak jaman penjajahan Belanda.  Cita rasa dan aromanya yang unik dan kuat menjadi ciri khasnya. Yang pada dasarnya merupakan kombinasi rasa dari; kopi robusta, kapulaga, kayu manis, cengkeh, pala  dan cabe jawa.  Pencampuran bahan rempah-rempah tersebut dengan kopi robusta menghasilkan kopi rempah yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh.

Nah, demikian cara menikmati kopi khas Sumbawa yang unik dengan cita rasanya yang istimewa. Lokasi dan wilayah penanamannya memberikan pengaruh pada keasamannya yang tinggi. Dengan pengolahan yang masih menggunakan tehknologi sederhana, menjadikan kopi Sumbawa ini semakin menarik. Sehingga patut dijadikan buah tangan bagi kerabat, teman dan saudara  yang juga penggemar kopi. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Baca Juga :  Peluang Terbuka Menjadi Reseller Kopi Toraja Yang Semakin Menjanjikan Keuntungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *