Mengenal Tentang Rasa Kopi Gayo Khas Aceh

Mengenal Tentang Rasa Kopi Gayo Khas Aceh

Siapa yang belum tahu, jika Indonesia ternyata punya banyak sekali jenis kopi. Dari sekian banyak jenis yang ada, kopi Gayo dari Aceh menjadi salah satu yang paling diminati. Rasa kopi Gayo yang punya ciri khas membuatnya begitu banyak digemari.

Bukan hanya masyarakat aceh saja. Kopi Gayo bahkan sangat populer di kalangan penikmat kopi seluruh Indonesia. Penasaran seperti apa sebenarnya rasa kopi Gayo khas aceh tersebut? Mari simak bersama penjelasan selengkapnya di bawah ini :

1. Punya Rasa Dan Aroma Yang Kuat Juga Sedikit Pedas

Kopi Gayo sebenarnya punya rasa dan aroma yang cenderung kuat. Hal inilah yang membuat kopi Gayo begitu digemari terutama oleh kalangan pencinta kopi. Kekuatan rasa dan aroma yang dimiliki kopi Gayo diakibatkan oleh faktor ketinggian lokasi penanaman.

Sebagai informasi saja, jika dataran Gayo terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Selain itu tanah vulkanik yang mendominasi wilayah itu juga turut mempengaruhi. Beberapa barista berpendapat jika kopi Gayo punya sensasi rasa agak pedas dan sedikit beraroma tanah sehingga cukup unik.

2. Punya Rasa ‘Nutty’

Jika makin dirasakan, kopi Gayo ternyata punya sensasi nutty atau semacam rasa biji-bijian. Rasa biji-bijian ini membuatnya makin unik sehingga kopi Gayo cukup banyak diminati. Rasa biji-bijian ini didapatkan kopi Gayo bukan tanpa alasan.

Salah satunya karena faktor tanaman di sekitar perkebunan kopi dataran Gayo itu sendiri. Pasalnya bukan hanya kopi yang bisa tumbuh dengan baik di wilayah tersebut. Namun juga banyak tanaman lain yang ikut tumbuh subur. Kemungkinan besar rasa biji-bijian berasal dari tumbuhan yang hidup di sekitar pohon kopi di perkebunan tersebut.

3. Memiliki Sedikit Rasa Rempah-rempah

Uniknya kopi Gayo juga punya sensasi rasa rempah-rempah. Bukan seperti minum jamu tradisional. Tetap minum kopi tapi ada sensasi rempah yang cukup pekat. Silahkan mencoba kopi Gayo supaya bisa merasakan sendiri sensasi tersebut.

Dalam seduhan kopi Gayo akan terasa seperti ada jahe, atau semacam rasa sereh di dalamnya. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kopi Gayo dikenal punya cita rasa unik.

4. Ada Rasa Vanilla Bila Dirasakan

Tidak hanya rasa rempah-rempah saja yang membuat kopi Gayo terkesan unik. Bila dirasakan, kopi Gayo juga memberikan sedikit rasa vanilla. Meskipun tidak terlalu pekat, rasa vanilla ini tetap bisa tercium. Rasa vanilla yang umumnya ada ketika menikmati teh, ternyata mampu dihadirkan oleh secangkir kopi Gayo dari Aceh ini.

5. Tingkat Keasaman Cukup Beragam

Bicara tentang rasa kopi paling tidak bisa ditinggalkan soal keasaman. Bagaimana tingkat keasaman dari kopi Gayo? Sebetulnya rasa asam dari kopi Gayo ini cukup beragam. Bisa dikatakan tersedia mulai dari intensitas ringan hingga sedang. Tingkat keasamaan yang beragam ini justru memberikan manfaat buat pencinta kopi tapi punya masalah dengan lambung.

Penikmat kopi dengan lambung yang tidak terlalu baik, bisa memilih jenis kopi Gayo dengan tingkat keasaman yang rendah. Dengan adanya fakta tersebut, kopi Gayo ternyata cukup aman dinikmati oleh semua kalangan. Baik anak-anak, dewasa, bahkan mereka yang sudah lanjut usia sekalipun tetap akan aman menikmatinya.

6. Punya Rasa Pahit Tapi Cukup Minim

Salah satu yang paling tidak disukai orang dari kopi adalah kemungkinan adanya rasa pahit yang mendominasi. Sebab memang kopi terlalu erat kaitannya dengan rasa pahit. Tapi itu tidak terjadi pada kopi Gayo asal Aceh ini. Rasa pahit mungkin ada tapi sebetulnya sangat minim sekali.

Bahkan terkadang rasa pahit justru tidak bisa ditemukan sama sekali. Hal ini disebabkan karena kopi Gayo diketahui telah melalui proses yang sangat teliti. Sehingga dapat menghasilkan rasa dengan kualitas terbaik. Banyak pendapat yang mengemukakan jika rasa kopi Gayo bahkan melebihi rasa kopi Blue Muontain dari Jamaika.

7. Punya Cita Rasa Yang Tidak Konsisten

Kopi Gayo sebenarnya juga punya cita rasa yang tidak konsisten. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah karena perkebunan kopi di dataran Gayo ini punya ketinggian yang berbeda-beda. Selain itu antara perkebunan satu dan lainnya punya cara budidaya yang berbeda-beda.

Dari segi ketinggian penanaman dan varietas yang berbeda tersebut, sangat mungkin jika kopi Gayo punya kualitas fisik yang berbeda. Sehingga antara satu varietas dengan varietas lainnya tentu saja memiliki perbedaan cita rasa.

Itu tadi beberapa rasa kopi Gayo yang terkenal dari Aceh. Bagi pencinta kopi, kopi Gayo mungkin bisa menjadi salah satu yang paling difavoritkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba kopi jenis ini bagi yang belum pernah menikmatinya. Bisa diseduh ketika bersantai dengan ditemani makanan ringan.

 

Baca Juga :  Tips Menjalankan Bisnis Kopi Di Tengah Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *