Kiat Sukses Membangun Bisnis Coffee Shop Di Indonesia

Kiat Sukses Membangun Bisnis Coffee Shop Di Indonesia

Geliat bisnis coffee shop di Indonesia agaknya menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan belakangan ini. Bisnis ini diprediksi juga akan terus berkembang  selama beberapa tahun kedepan. Hal ini menarik banyak minat para pebisnis ataupun usahawan baru untuk membangun bisnis coffee shop mereka sendiri.

Mendirikan bisnis coffee shop memang terbilang susah susah gampang. Persaingan pasar coffee shop saat ini juga terbilang cukup ketat. Namun, bukan berarti tidak ada peluang bagi para pebisnis pemula. Berikut akan dijabarkan beberapa kiat sukses membangun bisnis coffee shop yang wajib dicoba.

1. Melakukan Riset Mendalam

Hal paling mendasar dalam membangun bisnis adalah melakukan riset. Begitupun dalam membangun bisnis coffee shop. Dalam melakukan riset banyak sekali hal yang yang perlu dipelajari. Hal pertama adalah menentukan target pasar yang tepat. Apakah target pasar menyasar anak muda atau lebih mengarah pada para karyawan kantoran? Menentukan target pasar merupakan hal yang sangat vital karena akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis coffee shop nantinya.

Selain menentukan target pasar, riset yang juga sangat berpengaruh adalah melakukan riset lokasi. Menentukan lokasi yang strategis untuk bisnis coffee shop dapat mengacu dalam beberapa faktor, seperti; Kedekatan dengan target pasar, jarak dari pemasok bahan baku, kondisi sosial sekitar, persaingan, dan masih banyak lagi hal yang dapat dijadikan sebagai acuan. Melakukan riset sangat berguna untuk menentukan rencana kedepan serta meminimalisir resiko kegagalan.

2. Merancang Business Plan Yang Tepat

Setelah riset dilakukan, hal selanjutnya adalah merancang business plan yang tepat untuk bisnis coffee shop. Dalam business plan, beberapa hal yang perlu dituliskan diantaranya seperti menentukan strategi marketing, deskripsi lengkap perusahaan, rencana manajemen dan struktur kepemilikan, rencana keuangan, dan beberapa hal yang perlu dituliskan jika sekiranya cukup penting.

Baca Juga :  Sensasi Kopi Rasa Coklat Ada Pada Biji Kopi Berikut Ini

Memiliki business plan akan memudahkan jalannya bisnis coffee shop kedepannya nanti. Businesss plan juga berfungsi sebagai pemandu agar bisnis tetap berjalan sesuai arahan. Juga berguna untuk menyiapkan rencana apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mencari Sumber Dana

Memulai bisnis sudah pasti memerlukan uang yang tidak sedikit. Apalagi jika business coffee shop yang akan didirikan memiliki konsep yang mewah. Setidaknya diperlukan dana minimum 20 juta rupiah untuk membangun coffee shop dengan konsep yang seperti ini. Dana ini nantinya bisa digunakan untuk membeli peralatan serta membayar gaji para karyawan serta membeli bahan baku.

Dana bisa diperoleh dari pinjaman bank dan sejenisnya. Atau, jika tidak ingin berhutang bisa dengan mencari investor ataupun teman yang ingin bergabung dengan bisnis coffee shop. Lebih mudah lagi jika memiliki tabungan yang cukup sejak awal. Tidak hanya dana operasional, menyimpan dana darurat juga berguna untuk mengatasi hal-hal yang sekiranya tidak diinginkan.

4. Menentukan Konsep Dan Desain Serta Melatih Karyawan

Konsep dan desain cafe bisa disesuaikan dengan target pasar yang telah ditentukan dalam poin nomor satu diatas. Jika target pasar lebih condong ke anak muda, bisa di konsep dengan desain yang instagramable dan kekinian. Namun jika lebih mengarah ke para karyawan kantoran lebih baik memakai desain yang kasual saja.

Melatih karyawan juga hal yang wajib dilakukan. Mencari sumber daya manusia yang berkompeten di era sekarang ini memang cukup sulit. Tentunya sebagai usahawan harus selektif dan cekatan dalam memilih karyawan yang memenuhi standar kompetensi. Karyawan baru bisa dibekali dengan pelatihan sesuai bidangnya. Karyawan yang terlatih menjadikan bisnis berjalan lebih baik.

Baca Juga :  Pedoman Hitungan Bisnis Kopi Pendapatan, Biaya dan Perhitungan BEP

5. Mengurus Izin dan Lisensi Usaha

Setelah semua poin diatas diterapkan, langkah terakhir adalah mengurus izin dan lisensi usaha. Bisa dengan menanyakan kepada pihak yang berwenang terkait dengan izin usaha. Izin usaha berguna agar bisnis coffee shop menjadi resmi.

Itulah tadi beberapa kiat sukses membangun bisnis coffee shop di Indonesia yang mungkin dapat diterapkan oleh para pebisnis baru. Dimana tentu saja semua informasi di atas akan sangat membantu para pembisnis pemula. Semoga dengan mengikuti cara ini bisa menjadikan usaha coffee shop lebih sukses. Selamat mencoba! tetap semangat dan semoga sukses.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *