Ini Dia Karakter Kopi Java Robusta yang Perlu Diketahui Para Penikmat Kopi Indonesia

Ini Dia Karakter Kopi Java Robusta yang Perlu Diketahui Para Penikmat Kopi Indonesia

Kopi Java adalah kopi yang populer karena banyak masyarakat menjadi penikmatnya. Bahkan ada maniak kopi beranggapan kualitas kopi ini setara Kopi Gayo. Oleh karena itu karakter Kopi Java Robusta harus diketahui supaya terhindar dari penipuan.

Tidak dimungkiri kalau saat ini banyak kopi-kopi palsu beredar yang mengatasnamakan Kopi Java Robusta. Padahal dari segi rasa dan aroma berbeda yang tentunya masih lebih berkualitas kopi java yang satu ini. Nah, di bawah ini ada beberapa kriteria dari Kopi Java Robusta yang harus dipahami. Pastikan mania kopi memperhatikan ciri-ciri ini terlebih dahulu sebelum mulai membeli kopi. Ini kriteria yang dimaksud:

1. Kopi Robusta Berasal dari Biji Kopi Khas Temanggung

Tidak dimungkiri kalau biji kopi robusta berasal dari Pulau Jawa. Namun, yang paling berkualitas adalah biji kopi yang berasal dari Temanggung. Bahkan wajar kalau kopi robusta dari kawasan ini harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan yang lain. Menurut yang pernah meminumnya, biji kopi robusta yang berasal dari Temanggung memiliki aroma yang khas.

Memang dari segi rasa lebih pahit tetapi ada aroma tertentu yang membuat rasa pahit tersebut tidak terlalu berlebihan. Ada pula yang mengatakan kalau kopi robusta khas Temanggung dibuat dengan teknik pembuatan yang benar. Selain tidak merusak biji kopi, karakter khas dari kopi robusta tetap dipertahankan dengan baik.

2. Aroma Rempahnya Lebih Tipis

Karakter Kopi Java Robusta yang kedua adalah memiliki aroma rempah yang sangat tipis. Bahkan jika kopi jenis ini diminum berkali-kali tidak menimbulkan rasa eneg akibat bau rempah yang lebur. Sekalipun demikian dari segi kekentalan kopi tetap ideal.

Juga ada yang membuktikan kalau biji kopi dan rempah sudah terpadu dengan sempurna. Ini yang membuat rasa Kopi Java Robusta benar-benar luar biasa. Karakter ini yang menjadi alasan mengapa Kopi Java Robusta bisa dikonsumsi oleh penikmat kopi pemula. Padahal tidak semua kopi hitam yang pahit bisa sesuai dengan lidah semua orang dalam waktu cepat.

Baca Juga :  Tips Menjalankan Bisnis Kopi Di Tengah Pandemi

3. Tingkat Keasaman Lebih Rendah

Kopi Java Robusta memiliki tingkat keasaman yang sangat rendah. Bahkan paling rendah dibandingkan kopi hitam jenis yang lain. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa kopi ini tidak memiliki rasa yang tajam tetapi aromanya lebih kental.

Dengan kadar rasa asam yang ringan maka Kopi Java Robusta bisa diminum berkali-kali tanpa ada rasa asam di lidah. Seakan semua rempah dan biji kopi sudah menyatu di dalam kopi yang ketika dikonsumsi rasa dan aromanya tidak terpisah-. Kriteria Kopi Java Robusta inilah yang menjadi penyebab kopi ini tergolong minuman khas dan ikonik. Maka wajar jika café maupun pengusaha kopi yang lain menjual Kopi Java Robusta dengan harga yang sedikit lebih mahal.

4. Kopi Diproses secara Basah

Karakter Kopi Java Robusta yang keempat adalah kopi diproses secara basah. Maksudnya ialah biji kopi tidak dikeringkan terlebih dahulu tetapi langsung diolah beberapa saat setelah panen. Sekalipun demikian kadar masak dari biji kopi sudah ideal sehingga penikmat kopi tidak perlu khawatir bakal terjadi masalah dengan kesehatan.

Ini berbeda dengan kopi jenis lain yang potensi membuat kembung dan mual sangat besar. Kopi Java Robusta diproses secara langsung maka dari segi rasa ada jaminan kalau taste kopi pasti lebih kental dan hitam. Aromanya juga pasti lebih harum karena rempah yang dipasangkan bisa lebur dengan sempurna.

5. Memiliki Rasa Lebih Pahit

Kriteria Kopi Java Robusta yang terakhir ialah memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkan yang lain. Namun tekstur rasa ini tetap diterima di lidah karena aroma dari rempahnya membuat kopi tetap nikmat saat diminum. Makanya kopi Java Robusta sekalipun pahit penikmat kopi masih bisa meminumnya. Dijamin juga akan ketagihan jika sudah menikmati kopi ini berulang kali.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Kopi Bubuk Yang Menggiurkan dan Tahapan Pengolahannya

Itulah karakter Kopi Java Robusta yang perlu diketahui oleh para penikmat kopi pemula. Jika kriteria di atas terdapat pada kopi saat dicicipi, maka bisa dipastikan itu memang Kopi Java Robusta. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *