A B C D E F G H I K L M N O P Q R S T U V W

Woody

Istilah “woody” atau “kayu” dalam deskripsi sifat kopi mengacu pada aroma dan rasa yang mengingatkan pada kayu atau hutan. Hal ini bisa berupa nuansa yang sangat jelas dari kayu yang baru dipotong, serutan kayu, atau aroma bumi yang kering dan hangat yang sering dikaitkan dengan daun-daun yang jatuh dan ranting kering di hutan.

Analogi yang bisa digunakan untuk menjelaskan rasa “woody” dalam kopi adalah seperti berjalan di hutan belantara yang kering saat musim gugur. Saat Anda melangkah, hembusan angin membawa aroma kayu cemara dan pinus, daun kering yang berderak di bawah kaki, serta nuansa tanah yang hangat dan kering. Aroma ini memberikan kesan alami, terkadang bersifat maskulin, dan sering terkait dengan kedamaian serta kesederhanaan.

Dalam kopi, rasa “woody” sering ditemukan pada kopi yang sudah disimpan untuk waktu yang lama (aged coffees), kopi yang dipanggang hingga tingkat dark roast, atau varietas kopi tertentu yang secara alami memiliki sifat tersebut. Rasa ini bisa diinginkan dalam beberapa konteks, terutama jika seimbang dengan sifat rasa lainnya dalam kopi. Tetapi, jika terlalu dominan, bisa juga dianggap sebagai cacat rasa atau tanda kopi yang sudah teroksidasi atau rusak.

Related Entries