A B C D E F G H I K L M N O P Q R S T U V W

Pungent

Sensasi rasa utama yang berhubungan dengan keberadaan senyawa pahit. Biasanya dari senyawa fenolik yang berkisar dalam rasa dari creosoty hingga alkalin.

Istilah “pungent” dalam deskripsi kopi merujuk pada intensitas aroma atau rasa yang sangat kuat dan tajam, yang terasa menonjol dan mungkin sedikit menusuk. Ini biasanya mengacu pada karakter kopi yang memiliki kekayaan rasa atau aroma yang sangat terasa hingga hampir berlebihan.

Untuk memberikan ilustrasi yang lebih dekat dengan pengalaman sehari-hari, bayangkan sensasi yang Anda rasakan saat memotong bawang merah atau bawang putih. Sensasi tajam yang langsung merangsang indra penciuman Anda, menyengat hingga kadang-kadang membuat mata berair, adalah contoh dari apa yang dimaksud dengan “pungent”. Dalam konteks kopi, “pungent” bisa diartikan sebagai rasa atau aroma yang kuat dan terasa ‘menusuk’ di langit-langit mulut atau hidung, memberikan dampak yang kuat pada pengalaman menikmati kopi.

Jika intensitas rasa atau aroma “pungent” terlalu dominan atau tidak seimbang dengan aspek lain dari profil kopi—seperti keasaman, manis, atau body—ini bisa dianggap sebagai sesuatu yang kurang enak atau bahkan cacat rasa. Misalnya, jika kopi memiliki aroma yang sangat “pungent” hingga menimbulkan sensasi tidak nyaman atau bahkan seperti kimia, ini mungkin menunjukkan masalah dalam proses sangrai atau penyimpanan biji kopi.

Kopi dengan sifat “pungent” biasanya dihasilkan dari biji kopi yang dipanggang hingga tingkat gelap, di mana proses sangrai tersebut mengintensifkan baik rasa maupun aroma biji kopi. Ini juga bisa berasal dari varietas kopi tertentu atau dari biji yang diproses dengan cara yang memberikan profil rasa lebih kuat dan dominan. Penggemar kopi yang menyukai rasa kuat dan tegas biasanya menikmati kopi dengan sifat “pungent”.

Coffee Cupping

Dalam coffee cupping, yaitu proses menilai kualitas kopi, para ahli mencari keseimbangan dan keselarasan antara berbagai aspek rasa dan aroma. Kehadiran “pungent” mungkin akan dinilai dalam konteks keseluruhan profil rasa kopi untuk menentukan apakah itu merupakan karakteristik yang menguntungkan atau tidak.

Related Entries