A B C D E F G H I K L M N O P Q R S T U V W

Accidic

Dalam konteks kopi, istilah “acidic” merujuk pada keberadaan dan persepsi keasaman dalam rasa kopi, yang seringkali disukai dan dicari oleh pencinta kopi. Keasaman ini tidak sama dengan asam yang merusak atau rasa asam yang tidak diinginkan, melainkan keasaman yang memberikan kesegaran dan kecerahan pada profil rasa kopi. Keasaman dalam kopi sering kali dikaitkan dengan rasa …

Continue reading →

Acerbic

Kelainan rasa dalam kopi yang diseduh yang meninggalkan rasa tajam dan asam (sour). Seringkali kelainan rasa ini hasil dari menyeduh kopi panas.

Continue reading →

Acidity

Dalam “coffee cupping” atau proses penilaian kopi, istilah “acidity” merujuk pada tingkat keasaman yang dirasakan dalam sebuah kopi. Ini bukan tentang keasaman dalam konteks ilmiah atau pH, melainkan merupakan karakteristik penting yang memberi kopi kesegaran, kejernihan, dan kadang-kadang rasa yang menonjol. Acidity yang baik dalam kopi sering dianggap sebagai tanda kualitas dan kompleksitas. Berikut beberapa …

Continue reading →

Acrid

Rasa yang menjengkelkan dan menusuk yang terkait dengan sensasi yang keras, pahit dan menyegat. Kadang – kadang ditemukan ketika berlebihan dalam meroasting kopi.

Continue reading →

African Beds

Struktur semacam tempat tidur yang datar. Biasanya terbuat dari kayu dengan screen logam dimana gabah kopi dikeringkan. Digunakan sebagai alternatif untuk pengeringan teras dan terkenal karena fakta bahwa memungkinkan lebih banyak aliran udara untuk pengeringan kopi.

Continue reading →

Aged

Kopi yang disimpan dalam bentuk gabah maupun greenbean untuk melunakkan karakter atau mematangkan rasa dibawah kondisi yang terkendali.

Continue reading →

Agtron Scale

Sistem penomoran untuk mengkarakteristikkan derajat pada roasting dengan mengukur pencahayaan kopi pada skala putih ke hitam. Juga : Agtron rating.

Continue reading →