Tips Membuka Bisnis Warung Kopi Sederhana Yang Menjanjikan

Tips Membuka Bisnis Warung Kopi Sederhana Yang Menjanjikan

Membuka sebuah usaha warung kopi saat ini tengah diminati bagi sebagian masyarakat. Meskipun hanya sekedar bisnis warung kopi sederhana, hal itu tidak bisa dianggap remeh. Sudah banyak bukti bahwa dengan membuka warung kopi mengalami kesuksesan yang luar biasa. Dengan modal sedikit warung kopi sederhana bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Warung kopi sederhana dapat berhasil apabila mengetahui strategi-strategi marketing untuk mengembangkan usaha. Memang harga kopi di warung tergolong cukup murah namun apabila tidak mengetahui strategi marketing juga tidak dapat bertahan lama. Berikut ini merupakan sebuah tips dan trik untuk memulai bisnis warung kopi yang sederhana :

1. Menyiapkan Konsep

Hal yang pertama dalam memulai bisnis adalah menyiapkan konsep usaha yang akan dilakukan dengan matang. Mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan seperti halnya tujuan dalam membuat usaha warung kopi dan keunikan yang akan ditonjolkan. Hal tersebut akan membantu dalam menjalankan bisnis warung kopi dengan lancar karena memiliki persiapan yang matang.

2. Menentukan Target

Dalam memulai sebuah bisnis alangkah baiknya untuk menentukan target pasar terlebih dahulu. Ada 3 target yang akan menjadi acuan untuk merencanakan strateginya. Masyarakat umum merupakan target yang paling tepat karena warung kopi yang sederhana kebanyakan diminati oleh masyarakat umum. Seperti halnya di lokasi pasar, daerah pinggiran atau juga daerah sekitar terminal dan stasiun.

Target yang kedua adalah para remaja dan muda mudi. Hal ini tidak jauh dari target yang pertama. Pada dasarnya saat ini para remaja juga gemar ngopi dan nongkrong berlama-lama. Untuk jenis ini maka perlunya untuk memberikan fasilitas yang cukup menarik meskipun hanya sebuah bisnis warung kopi sederhana.

Fasilitas yang menarik seperti diberikan jaringan WiFi atau juga disediakan TV dan music agar memberikan kesan yang santai bagi pengunjung. Artinya dengan adanya desain seperti itu maka untuk membuka warung kopi perlu adanya tempat permanen.

Yang ketiga adalah warga lingkungan sekitar, apabila akan membuka warung kopi dengan target konsumen yang hanya sebatas warga sekitar rumah. Konsep yang akan diterapkan juga akan berbeda dengan dua poin diatas. Warung kopi hanya akan menggunakan fasilitas di rumah seperti dengan memanfaatkan teras rumah atau membuat kedai kecil disekitar rumah.

Biasanya dengan model warung kopi seperti ini akan ramai pada jam-jam tertentu saja. Masyarakat biasanya meluangkan waktu ngopi pada jam istirahat sepulang kerja atau sekedar ngopi untuk bersantai bersama tetangga. Untuk fasilitas yang digunakan juga cukup dengan menyediakan TV dan memutar berita yang sedang digemari oleh bapak-bapak sekitar rumah.

3. Menyajikan Menu Lain

Sebagai pelengkap dalam warung kopi maka tidak ada salahnya untuk menyajikan menu lain selain kopi. Ada beberapa jenis cemilan sebagai penambah penghasilan sehingga bukan hanya sekedar menyajikan minuman. Jajanan murah seperti kacang goreng, atau jajanan murah lainnya menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk menambah menu di warung.

4. Mencari Lokasi Yang Strategis

Lokasi merupakan salah satu syarat yang perlu dipikirkan sebelum memulai usaha warung kopi. Dengan modal yang sedikit apabila memiliki lokasi yang strategis maka usaha warung kopi akan laris dan mudah dijumpai. Meskipun hanya warung kopi yang sederhana lokasi yang sesuai dengan target akan membantu dalam menjalankan bisnis dengan lancar.

Unsur yang lain terkait lokasi adalah kebersihan dan juga keamanan. Pastikan pula dalam lokasi tersebut apabila ada bencana seperti hujan dan badai warung kopi yang telah berdiri tetap akan beroperasi. Hal tersebut perlu untuk dipertimbangkan demi kenyamanan pelanggan nantinya.

5. Perhatikan Dekorasi Eksterior dan Interior

Meskipun hanya sekedar warung kopi yang sederhana apabila memiliki tata letak yang terkesan rapi maka akan meningkatkan kenyamanan bagi para pelanggan. Apabila warung kopi terkesan membosankan dan kumuh, hal tersebut akan berdampak negatif bagi kelangsungan warung kopi untuk dapat bertahan lama. Tidak ada salahnya mencontoh warung kopi kekinian untuk diterapkan dalam usaha warung kopi dengan konsep yang sederhana.

Demikianlah tips dan trik dalam memulai bisnis warung kopi sederhana yang dapat dicoba. Dengan mempersiapkannya secara bertahap dan matang maka akan membantu bisnis warung kopi yang akan dibangun menjadi sukses dan bertahan lama.

Baca Juga :  Cara Menjadi Reseller Kopi Lampung Di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *