5 Tips Mengembangkan Bisnis Repacking Kopi

5 Tips Mengembangkan Bisnis Repacking Kopi

Punya bakat menata atau mengemas suatu benda? Bisa itu dijadikan salah satu modal untuk menjalankan suatu bisnis. Salah satunya dengan mengangkat produk kopi sebagai barang yang akan diperdagangkan. Pasalnya, kopi merupakan jenis minuman yang banyak digemari berbagai kalangan. Hal ini tentu saja akan membuka peluang besar jika ingin mengembangkan bisnis repacking kopi.

Lalu, bagaimana trik untuk mengembangkan usaha ini? Yuk, mari simak ulasan ringkas di bawah ini. Meskipun tidak perlu kerepotan melakukan usaha produksi, namun pelaku bisnis reseller kopi juga dituntut agar selalu inovatif.

Selain menonjolkan teknik pemasaran, tidak ada salahnya jika pelaku bisnis repacking kopi haruslah mengemas produk kopi menjadi semenarik mungkin. Nah, inilah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

1. Pilih Bahan Pengemasan yang Memiliki Kualitas Bagus

Sebenarnya kopi merupakan jenis bahan yang bisa dikonsumsi yang tergolong awet dan tahan lama. Namun, apabila banyak terpapar pengaruh dari lingkungan luar, tidak menutup kemungkinan jika akan terjadi penurunan kualitas dari kopi tersebut. Oleh sebab itu, dalam mengembangkan bisnis repacking kopi, tentu saja harus paham masalah ini.

Konsumen akan tertarik dengan packaging yang bagus dan menarik. Bahan pengemas haruslah rapat dan tersegel dengan rapi. Supaya kualitas dari kopi tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. Sedangkan packaging yang menarik, tentu saja akan mengundang hasrat ingin membeli pada konsumen.

Usahakan untuk memilih bahan pengemasan yang tebal. Sebab, bahan tersebut mampu melindungi kopi dari pengaruh lingkungan luar yang dapat menurunkan kualitasnya. Tak hanya itu saja, bahan pengemasan yang tebal lebih aman dari serangan serangga yang dapat merusak kopi tersebut.

2. Melakukan Redam Udara Terlebih Dahulu Sebelum Menyegel Pengemasan

Sebelum melakukan penyegelan terhadap produk yang sedang dikemas, alangkah baiknya untuk mengeluarkan udara terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan maksud agar kualitas dari kopi tetap terjaga dengan baik. Sebab, dengan cara tersebut akan meningkatkan waktu penyimpanan menjadi lebih lama.

Baca Juga :  Cara Menjadi Reseller Kopi Pagaralam Agar Bisa Untung

Nah, jika produk kopi bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama tentu saja akan menambah keuntungan bisnis, bukan? Bayangkan saja jika produk telah selesai dikemas, namun mudah rusak. Hal ini tentu akan membuat catatan kerugian dalam bisnis repacking kopi.

3. Berilah Keterangan Mengenai Produk pada Bagian Luar Kemasan

Jangan lupa untuk memberikan keterangan berupa tanggal produksi maupun tanggal kadaluarsa pada bagian terluar dari kemasan produk. Hal ini penting dilakukan sebab mengingat berkaitan dengan kesehatan konsumen. Tentu harus menjadi prioritas utama, bukan?

Komposisi atau keterangan produk juga tidak kalah penting disertakan pada kemasan luar produk. Keterangan tersebut akan cukup membantu memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk. Selain itu, dengan menyertakan keterangan tersebut akan semakin meningkatkan kepercayaan terhadap produk kopi dari bisnis yang sedang diperdagangkan.

4. Simpanlah Produk yang Telah dikemas di Tempat Aman

Setelah selesai dengan urusan pengemasan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat penyimpanan produk. Sangat disarankan untuk menyimpan di tempat yang aman. Dalam artian tempat yang tidak memberikan pengaruh buruk terhadap kualitas produk kopi. Perhatikan suhu dan kelembaban ruang, paparan sinar matahari, maupun pengaruh dari berbahaya lainnya.

5. Lakukan Pengiriman dengan Baik

Jika ada konsumen yang tertarik pada produk, segera lakukan pengiriman. Namun, harap berhati-hati pula dalam proses pengiriman. Sebaiknya gunakan pengaman atau pelindung seperti bubble wrap sebelum dikemas dalam kardus. Juga pastikan produk yang dikirimkan telah sesuai dengan permintaan konsumen.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengembangkan bisnis repacking ini, dimana informasi di atas masih banyak tidak diketahui oleh banyak orang. Jika berminat melakukan bisnis repacking kopi bisa saja mempraktekkan beberapa tips di atas. Terlepas dari itu semua, pastikan ya produk kopi yang diperdagangkan telah diyakini memiliki kualitas yang baik pula. Konyol jika kemasan sudah bagus dan menarik, tetapi kualitas kopi tidak bagus.

Baca Juga :  Ahli Kopi Lampung - Melawan Arus untuk Secangkir Kesejahteraan

Jadi, sebelum melakukan bisnis ini pandailah memilih supplier dari produk kopi, ya!. Hal itu berguna agar bisnis berjalan lancar dalam waktu yang lama juga. Oke selamat mencoba dan Semoga sukses!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *