Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Kopi White Label

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Kopi White Label

Bisnis merupakan aktivitas seseorang yang dapat meningkatkan perekonomiannya. Hal ini dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan secara finansial. Bisnis sendiri memiliki banyak macamnya, salah satunya yaitu bisnis kopi white label. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis kopi white label:

Kelebihan bisnis kopi white label

Setiap bisnis yang dijalankan pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan. Sebelum itu, white label sendiri merupakan sebuah merek yang terletak pada kemasan produk. Biasanya white label terdapat pada kemasan minuman, makanan dan berbagai perabotan rumah tangga lainnya. Lalu apa saja kelebihan melakukan bisnis kopi white label, di bawah ini akan dijelaskan selengkapnya:

1. Label dapat Dijual Sesuai Kesepakatan

Pembuatan white label memang termasuk mahal, terutama jika produk kopi yang akan dihasilkan perusahaan dalam jumlah besar. Namun, perusahaan tidak perlu khawatir biasanya pihak penyedia akan melakukan kesepakatan mengenai berapa banyak anggaran yang akan dihabiskan. Hal ini dikarenakan white label bisa digunakan oleh banyak produk termasuk kopi, sehingga dapat dijual pada siapapun termasuk di supermarket.

2. Memperkuat Loyalitas Klien

Hal ini dikarenakan banyaknya produksi kopi yang telah memiliki label meningkatkan banyaknya pembeli yang membeli produk menyadari kualitas dari produk kopi. Sehingga penjualan kopi dapat meningkat di pasaran. Ketika tingkat kepercayaan dan loyalitas pembeli atau konsumen perlahan terbentuk. Kemudian perusahaan tinggal memfokuskan keinginan dari pembeli.

3. Bersifat Rahasia

Lalu, keuntungan dari bisnis ini yaitu kerahasiaannya terjaga dengan kata lain penyedia akan menyembunyikan siapa yang memproduksi produk tersebut. Jika rahasia tersebut sampai diketahui oleh pihak lain, hal ini akan membuat perusahaan mengalami kerugian besar. Terutama jika konsep yang dibuatnya di plagiasi oleh perusahaan lainnya yang memiliki produk kopi yang sama.

Baca Juga :  Aroma Serta Rasa Kopi Toraja Khas Sulawesi

4. Bebas Dijual Kepada Penyedia Lain dan Tidak Terbatas

Layanan white label biasanya tidak memberikan kontrak yang terikat dan tidak dibatasi untuk dijual sebanyak apapun dan kepada siapapun. Karena setiap produk bisa dijual secara bersamaan yang merupakan manfaat dari layanan white label. Sehingga perusahaan hanya perlu meningkatkan mutu dan kualitas produk sesuai standar pembeli.

Kekurangan Bisnis White Label

Selanjutnya dari kelebihan dan kekurangan dari bisnis kopi white label. Kelebihan yang didapat karena perusahaan hanya harus memproduksi kopi tanpa perlu membuat label sendiri. Sehingga produk yang diproduksi mengalami peningkatan dan semakin dikenal di pasaran. Tidak hanya kelebihan yang didapat dari layanan white label juga memiliki kekurangan yaitu:

1. Bisnis Kopi White label Menjadi Tidak Istimewa

Bisnis kopi dapat dijual dalam skala besar menggunakan white label. Akan tetapi, bagi konsumen yang telah menggunakan produk ini akan mencoba produk perusahaan kopi yang lain dengan komposisi produk yang sama. hal ini menyebabkan tidak adanya perbedaan dari produk tersebut. Walaupun dari perusahaan yang memproduksi memiliki merek yang berbeda. Daripada meningkatkan branding ini bisa terjadi, karena layanan white label hanya bertujuan untuk menjual produk dan memproduksi dalam jumlah besar .

2. Dampak Layanan yang Negatif

Jika merek kemasan kopi yang diproduksi dari perusahaan mengalami masalah pada layanan white label. Justru nama perusahaan yang akan terkena dampak buruknya dari penyedia white label. Karena konsumen tidak akan tahu apakah pembuatan merek kopi tersebut sebenarnya bukan dari perusahaan melainkan dari pihak penyedia white label.

3. Persaingan Harga dalam Pasaran menjadi Tidak Sehat

Jika ada produk yang sama dalam layanan white label tetapi memiliki merek yang berbeda akan membuat harga masing-masing perusahaan menjadi tidak sama. Sering kali akan ada perdebatan harga yang berbeda dari kopi yang sama. Sehingga saat pembeli perlahan menjadi bosan dengan produk-produk ini, harga menjadi lebih kompetitif secara bertahap di setiap perusahaan dengan produk yang sama.

Baca Juga :  Karakter Kopi Dolok Sanggul Yang Kuat Dan Unik

4. Loyalitas Pelanggan menjadi Berkurang

Produk menjadi tidak memiliki branding khusus jika dipasarkan oleh beberapa perusahaan yang memasarkan kopi serupa dengan merek berbeda. Hal ini tidak lepas kemungkinan bahwa konsumen akan benar-benar setia dan selalu membeli produk kopi tersebut. Layanan white label sebenarnya merugikan melihat dari persaingan harga yang tidak sehat, karena pada biasanya konsumen membeli produk yang lebih murah.

Itulah kelebihan dan kekurangan bisnis kopi white label. Perlu diketahui bahwa dalam memilih white label untuk produk kopi ini harus benar-benar paham sebelum pada akhirnya menggunakannya. Hal ini dapat mempengaruhi penjualan kopi yang diproduksi di pasaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *