Aroma Serta Rasa Kopi Toraja Khas Sulawesi

Aroma Serta Rasa Kopi Toraja Khas Sulawesi

Dinamakan kopi Toraja, karena memang kopi ini berasal dari daerah Bittuang, Tanah Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan. Perusahaan penghasil kopi ini berdiri sejak tahun 1986 dengan luas wilayah perkebunan kopi sekitar 1.200 hektar. Tidak sedikit pecinta kopi yang menyukai kopi jenis ini karena Rasa Kopi Toraja yang khas Sulawesi dan tidak dapat ditemukan dalam kopi lain.

Kelebihan dari Kopi Toraja ini adalah dalam proses penanamannya tidak menggunakan bahan kimia sebagai pupuk. Melainkan pupuk yang digunakan adalah pupuk bahan organik yang berasal dari kotoran kambing yang sengaja dipelihara di sekitar perkebunan kopi. Nah, sekarang coba untuk mengenal lebih dekat jenis kopi yang satu ini:

1. Karakteristik Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu jenis kopi yang menjadi karakteristik negara Indonesia. Aroma serta rasa Kopi Toraja ini memang halus dan sangat khas. Sehingga tidak heran jika Kopi Toraja ini menjadi jenis kopi premium dengan harga jual yang terbilang mahal di berbagai negara. serta jenis kopi ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas dan dianggap minuman mewah.

Terdapat beberapa cara yang menghasilkan rasa kopi dari Toraja ini menjadi khas tiada duanya. Dan menjadikan kopi toraja mendapatkan Top 17 SCAA tepat di Tahun 2016 yang lalu. diantara caranya adalah melalui penanaman yang baik serta pengolahan yang tepat.

2. Proses Pembuatan Kopi Toraja

Dimulai dari proses panen hingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas seperti yang beredar di pasaran. Proses pembuat kopi Toraja memang terbilang selektif. Kopi Toraja diambil dari biji kopi pilihan yang sudah berusia tua dan siap untuk dipanen. Lalu biji tersebut diproses dengan cara digiling basah.

setelah selesai semua biji habis digiling. Proses selanjutnya adalah dengan menyangrai biji kopi Toraja sampai matang. Baru diamkan biji kopi selama beberapa hari. Dan kopi Toraja siap untuk dihaluskan hingga menjadi bubuk kopi yang nantinya akan dipasarkan.

3. Ciri Khas Kopi Toraja

Dengan kedatangan yang selalu ditunggu oleh para peminat yang jumlahnya lumayan banyak. Ternyata kopi Toraja memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kopi jenis yang lain. Yakni biji yang lebih kecil, warna yang lebih mengkilap, dan tekstur yang lebih licin jika dibandingkan dengan biji kopi jenis lainnya.

Cita Rasa Kopi Toraja yang dihasilkan lumayan pahit bercampur dengan rasa asam, buah beri dan rempah-rempah. Dengan aroma wangi yang khas beradu dengan aroma rempah kayu manis. Aroma inilah yang menjadi karakteristik dari kopi Toraja dan selalu diminati oleh para pecinta kopi.

4. Jenis Rasa Kopi Toraja

Terdapat dua jenis kopi Toraja yang sudah tidak asing lagi di pasaran. Pertama, Kopi Robusta. Rasa Kopi Toraja jenis Robusta memang terbilang lebih pahit, diperuntukkan bagi penyuka rasa pahit yang kuat namun juga terasa segar dan tidak lengket di mulut.

Aroma yang dimiliki kopi toraja jenis Robusta terbilang tidak terlalu wangi akan tetapi terkesan lembut. Memiliki kandungan asam yang rendah dan harga yang ekonomis. Yang kedua, kopi Arabika. Rasa dari kopi Toraja jenis arabika ini dapat dikatakan memiliki rasa pahit yang lumayan ringan dibanding kopi Robusta.

5. Manfaat Kopi Toraja

Terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi kopi dalam takaran yang pas, tidak berlebihan. Kopi jenis Toraja sendiri memiliki segudang manfaat bagi tubuh para konsumennya. Seperti dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Dengan meminum kopi Toraja secara rutin juga dapat mengurangi kadar lemak jenuh yang terdapat dalam tubuh. Dapat juga meredakan sakit pada kepala dan meningkatkan kadar energi. Selain bermanfaat untuk kesehatan, kopi Toraja juga bermanfaat untuk kecantikan. Seperti dapat membuat kulit menjadi lebih kencang. Menghilangkan efek hitam dibawah mata. Membuat rambut tampak lebih subur dan masih banyak lagi.

Itu tadi ulasan tentang kopi Toraja beserta jenis dan rasa serta cara pengolahannya. Bagi para pecinta kopi yang belum pernah mencoba Rasa Kopi Toraja yang khas ini. Ulasan diatas dapat menjadi gambaran umum seperti apa cita rasa dan aroma dari jenis-jenis kopi Toraja yang memiliki banyak penggemar ini.

 

Baca Juga :  Bisnis Olahan Kopi Kreatif yang Bisa Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *