Review Tentang Seperti Apa Rasa Kopi Bengkulu

Review Tentang Seperti Apa Rasa Kopi Bengkulu

Banyak yang bilang bahwa Bengkulu punya jenis kopi unggulan di Indonesia. Hal Ini disebabkan karena rasa kopi Bengkulu tergolong cukup unik. Kopi Bengkulu dikenal punya rasa yang nikmat sesaat setelah diteguk. Bengkulu punya setidaknya 3 daerah yang terkenal sebagai penghasil biji kopi terbanyak. Seperti Apa rasa kopi Bengkulu?

Pertama daerah Kepahiang, Seluma, serta Rejang lebong. Ketiga daerah tersebut disebut-sebut sebagai penghasil kopi robusta terbaik. Meskipun begitu sebenarnya Bengkulu tidak hanya dikenal sebagai penghasil kopi Robusta saja. Daerah tersebut juga menghasilkan kopi jenis arabika meskipun produksinya tidak sebesar kopi robusta.

Makin penasaran seperti apa rasa kopi Bengkulu? Tentu rasanya akan berbeda dari kopi Robusta dan Arabikanya. Berikut penjelasan selengkapnya  :

1. Cita Rasa Buah / Fruity

Terutama untuk kopi Bengkulu jenis Robusta, setelah diseduh akan mengeluarkan cita rasa fruity atau buah-buahan. Bagi penikmat kopi yang suka dengan rasa seperti ini, sangat disarankan untuk mencoba kopi robusta Bengkulu. Dalam sekali tegukan, kopi Bengkulu akan memberikan rasa cukup juicy sekaligus segar. Rasa buah lemon sedikit lebih mendominasi.

Banyak yang beranggapan jika siapa saja yang mencicipi kopi Bengkulu pertama kali akan langsung tahu perbedaan kopi ini dengan yang lain. Percayalah, sekali diteguk rasa pertama yang muncul pada kopi robusta Bengkulu adalah rasa buah-buahan yang segar dan nikmat.

2. Punya Rasa Coklat

Masih dari jenis robusta, kopi Bengkulu mengeluarkan rasa coklat ketika masuk rongga mulut. Inilah salah satu faktor yang membuat kopi Bengkulu sangat digemari. Bahkan banyak sumber mengatakan jika kopi Bengkulu ini masuk dalam salah satu kopi terbaik di Indonesia bahkan dunia.

3. Rasa Herba Dan Cenderung Lembut

Dalam setiap tegukan kopi Bengkulu akan muncul sensasi rasa herba atau rempah-rempah. Meskipun tidak terlalu mendominasi, rasa ini lumayan mempengaruhi rasa kopi tersebut. Selain itu kopi Bengkulu juga cenderung punya rasa lebih lembut.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Salah satunya disebabkan karena kopi Bengkulu sengaja diproses dengan menggunakan metode fermentasi. Tidak tanggung-tanggung, proses fermentasi yang perlu dijalani bahkan sampai 24 jam. Tidak heran jika kopi Bengkulu dapat menciptakan rasa lembut yang dominan.

4. Cukup Manis Lebih Condong Rasa Karamel (Kopi Arabika)

Sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, selain jenis Robusta Bengkulu juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi Arabika. Kopi arabika Bengkulu juga tak kalah punya cita rasa unik. Jika dirasakan kopi arabika Bengkulu punya rasa cenderung manis. Bahkan hampir mirip rasa karamel.

Rasa kopi Bengkulu yang unik diduga disebabkan karena kopi dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Selain itu kopi Bengkulu juga ditanam dengan metode organik. Sehingga tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Menjadikannya punya kualitas rasa dan aroma yang unik dan tidak bisa didapatkan pada biji kopi lain.

5. Cita Rasa Ringan

Selain itu kopi arabika Bengkulu juga punya cita rasa ringan. Cita rasa seperti ini membuatnya cocok untuk dinikmati sembari bersantai. Cobalah untuk menikmatinya kala sore hari dengan pendamping makanan ringan.

Kopi Arabika Bengkulu juga memiliki cita rasa yang membuat penikmatnya dapat merasakan sensasi relaksasi. Pasalnya dalam sekali tegukan kopi ini dapat memunculkan kombinasi rasa lemon dan coklat. Perpaduan kedua rasa tersebut dapat membangkitkan rasa tenang dan santai.

6. Punya Tingkat Keasaman Yang Tepat

Untuk jenis Arabika, kopi Bengkulu ini cenderung punya tingkat keasaman yang tepat. Hal ini cukup menguntungkan bagi pencinta kopi yang kebetulan punya masalah lambung. Kebanyakan para penderita penyakit lambung tidak bisa mengkonsumsi minuman dengan tingkat keasaman tinggi bukan?

Tapi khusus untuk kopi Arabika Bengkulu ini akan sangat akan aman diminum. Baik untuk anak-anak, dewasa, atau yang sudah lanjut usia sekalipun.

7. Cenderung Pahit Terutama Untuk Jenis Robusta

Lain dengan jenis Arabika yang cenderung punya rasa ringan dan manis. Kopi Bengkulu jenis Robusta justru lebih berasa pahit. Sudah banyak yang membuktikan hal tersebut. Namun meskipun begitu, tetap saja kopi Robusta Bengkulu tetap banyak dinikmati.

Jenis kopi Robusta Bengkulu tidak hanya cukup pahit, tapi juga punya tingkat keasaman yang tinggi. Jika dihirup pun kopi ini punya aroma yang lebih kuat dari kopi arabika. Kopi jenis Robusta dengan aroma kuat banyak dihasilkan di daerah Kapahiang.

Itu tadi sedikit review singkat tentang rasa kopi Bengkulu. Memang ada sedikit perbedaan antara rasa kopi Bengkulu jenis Arabika dengan Robusta. Namun keduanya masih sangat digemari oleh banyak pecinta kopi. Terbukti saat ini kopi Bengkulu dapat dengan mudah didapatkan baik offline maupun online karena tingginya peminat.

 

Baca Juga :  Tips Membuka Bisnis Warung Kopi Sederhana Yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *